Tahun 2017 baru saja berlalu. Pastinya kita punya beberapa daftar yang harus kita capai di tahun ini 2018 kan, Sahabat deCODE? Nah, kalau salah satu dari daftar keinginan kalian itu adalah hidup lebih sehat, yuk mulai sekarang terapkan 4 tips kecil dari deCODE ini untuk membuat satu langkah lebih dekat dengan tujuan hidup lebih sehat!

  • Drink more water

Mungkin saran ini begitu pasaran yang sering kalian lihat di mana-mana. But this one is very first important dan easy things we can do!

Standar minum kita itu 8-10 gelas per hari. Khusus di hari-hari kita banyak berkeringatwe need some more water dari jumlah tadi karena tubuh kita nggak punya tempat khusus untuk menyimpan airIt’s recycled all the time, so we should re-fill it, supaya nggak dehidrasi.

Sebenarnya untuk mengonsumsi 8 gelas air perhari itu gampang loh. Satu gelas bisa kita minum setelah bangun tidur, 1 sebelum beraktivitas, 1 gelas sebelum makan, 2 gelas sesudah makan, dan 2 gelas lagi sebelum tidur. Easy, right? Lastly, biasakan bawa minum dari rumah dengan tumbler supaya bisa lebih hemat ya!

  • Kunyah makanan secara perlahan

Nasihat orangtua agar tidak boleh makan terlalu cepat ternyata berguna banget loh untuk kesehatan. Mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan resiko diabetes hingga dua kali lebih besar.

Secara umum, mengunyah makanan dengan perlahan akan lebih memberikan rasa kenyang daripada makan terburu-buru. Pasalnya, makan terlalu cepat dapat membuat sistem pencernaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bekerja optimal, terutama dalam memberikan respon kenyang setelah makan. Semakin cepat Anda merasa lapar, maka Anda akan semakin rentan untuk mencari pelampiasan dengan camilan ringan yang tak bergizi.

  • Watch your quality of sleep!

Pernah nggak sih ngerasain udah tidur lama tapi masih merasa capek banget? Tidur keliatannya masalah sepele, tapi aktifitas tidur itu penting banget untuk men-charge kondisi tubuh kita. Tidur yang baik dan benar bukan cuma soal kuantitas, tapi kualitas.

Meskipun sebentar, tidur yang  berkualitas jauh lebih bermanfaat. Maka dari itu, atur jam tidur dan cara tidur kamu ya! Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur kamu: Pertama, hindari cahaya yang mengganggu, seperti lampu dan gadget Kedua, hindari makan makanan berat minimal dua jam sebelum tidur. Terakhir, hindari konsumsi kafein sebelum tidur.

  • Jalan kaki dan naik tangga!

Karena waktu dan kegiatan kita sudah begitu padat, kita jadi punya alasan buat nggak olahraga. Padahal, dengan berjalan kaki dan naik tangga, hal itu sudah menjadi satu pergerakan yang cukup baik untuk tubuh kita.

So, either you take lift for 2nd floor, better you take the stairs guys! Mulai sekarang, banyakin deh jalan kaki dan naik tangga.  Kalau naik terlalu berat, turun bisa kita jadiin pilihan untuk kita ambil. Ngga usah tinggi-tinggi, 3-4 lantai juga udah cukup bikin kita berkeringat kok!

Reporter: Rizky Amalia | Editor: Nadhira Aliya & Sasya Semitari P