Sahabat deCODE pasti saat kalian membaca atau mendengar kata Jakarta bakal langsung kebayang  panas dan gersangnya ibukota kita ini, benar kan? Nah, ada suatu kawasan hijau di Jakarta yang bisa kalian kunjungi lho. Yaitu, Hutan Mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) yang berada tepat di Utaranya Jakarta.

Mungkin diantara kalian ada yang pernah mendengar atau melihat tempat ini sebelumnya. Pasalnya, tempat ini sempat terkenal karena sering dijadikan spot untuk berfoto. Tidak cuma itu, di Hutan Mangrove ini, kalian bisa menikmati hijaunya kawasan hutan bakau yang masih sejuk dan asri.

Hutan Mangrove ini juga dapat menjadi tempat pelarian sempurna buat kamu yang sibuk dengan pekerjaan dan semrawutnya kota Jakarta hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000.

Dijamin, bagi kalian yang datang kesini, masalah kantor, percintaan, atau sebagainya akan hilang sejenak terganti oleh pemandangan pohon-pohon bakau yang dapat memanjakan mata. Sahabat deCODE, kami sudah merangkum nih 5 kegiatan asik dan pas bagi kalian ketika mengunjungi tempat ini. Let’s check it out!

1. Hunting foto di kawasan hijau Hutan Mangrove

Pasti kalian jarang kan, menemukan suasana yang hijau dan sejuk di Jakarta, selain di Taman Kota? Jadi kalau lagi jalan-jalan ke Hutan Mangrove ini, wajib hukumnya untuk mengabadikan momen dengan berswafoto bareng kerabat atau orang terkasih. Banyak spot favorit yang bisa kamu coba disini, misalnya; di lorong jalan sepanjang hutan yang diselimuti tanaman bakau, di bagian depan pondok-pondok penginapan atau di tepi danau.

Bagi kalian yang mempunyai hobi foto beserta perlengkapan kamera yang lengkap seperti DSLR atau kamera profesional lainnya, kalian harus mengeluarkan kocek yang lebih dan bisa dibilang sangat mahal. Jika kalian ingin membawa DSLR, kalian akan dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000 karena hutan ini hanya memperbolehkan pengunjung berfoto menggunakan kamera ponsel saja.

2. Menaiki perahu tepi danau sembari menyusuri rimbunnya bakau

Nah, aktivitas seru lainnya yang bisa kalian coba di Hutan Mangrove ini adalah naik perahu mengelilingi kawasan hutan bakau. Kalian bisa menyewa perahu yang sudah disediakan pengelola di Hutan Mangrove ini loh, Sahabat deCODE!

Tentunya untuk bisa menaiki perahu ini, kalian perlu merogoh kocek yang agak dalam nih, soalnya satu perahu dihargai sekitar Rp.250.000 untuk enam orang penumpang, dan Rp.350.000 untuk delapan orang penumpang. Yakin deh, uang yang kalian bayarkan akan terbayar lunas atau worth it banget. Sebanding dengan keindahan alam saat kalian menyusuri rimbunnya tanaman bakau di kawasan Hutan Mangrove ini.

3. Wisata sambil belajar menanam mangrove

Buat kalian yang kepo dan ingin belajar tentang bagaimana cara menanam bakau, disini pengelola menyediakan semacam short course, di short course ini kalian akan diajarkan proses penanaman bakau, merawatnya dan lain sebagainya seputar tanaman bakau.

Kalian cukup membayar sebesar Rp.150.000 untuk setiap proses pembelajaran. Jarang-jarang kan di Jakarta ada tempat seperti ini, wisata sekaligus edukasi. Ohiya, bagi kalian yang ingin memasangkan nama kalian di kawasan Hutan Mangrove ini, wajib membayar sebesar Rp.500.000 dan nama kalian akan langsung dipajang dengan menggunakan kayu yang ada tulisan nama kaliannya. Sangat direkomendasikan!

4. Menikmati sunset langit Jakarta dari ketinggian menara

Kawasan Hutan Mangrove ini berada didekat tepi pantai, sudah pasti kalian bisa menikmati sunset atau tenggelamnya sang fajar. Tahukah kalian bahwa Agar dapat menikmatinya lebih jelas, kalian bisa naik ke menara yang berada di salah satu sudut hutan.

Selain melihat sunset, kalian juga bisa menikmati rimbunnya hutan mangrove dari atas, makin cantik dengan burung-burung putih yang berterbangan kesana kemari di antara pohon bakau. Waktu terbaik untuk datang ke Hutan Mangrove PIK adalah sore hari. Karena kalau sore hari tempat ini sejuk tidak panas seperti halnya siang hari dan juga dan agar kalian bisa menikmati sunset.

5. Bermalam di kawasan Hutan Mangrove 

Bagi kalian yang belum puas untuk menjelajahi Hutan Mangrove ini dalam sehari dan ingin mencoba sensasi bermalam disini, boleh banget loh, Sahabat deCODE! Karena disini tersedia pondok-pondok kecil di sepanjang kawasan Hutan Mangrove, selain pondok terdapat juga villa dan camping ground yang pastinya mempunyai range harga yang berbeda-beda. Kalian dapat memilih sesuai dengan kondisi keuangan kalian.

Kalian akan mendapatkan sensasi tersendiri ketika sudah merasakan bermalam di kawasan hutan PIK ini! Menginap di Hutan Mangrove PIK ini bisa menjadi momen yang pas untuk sekedar mengobrol dengan topik yang hangat bareng pasangan ataupun sahabat kalian.

Bagaimana saja ya cara-caranya menuju Hutan Mangrove PIK ini?

Hutan Mangrove PIK berada di Jalan Garden House, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Untuk bisa sampai di sana, kamu bisa pakai beberapa transportasi, yaitu:

  • Transjakarta

Transjakarta ini cukup murah, karena kalian cukup bayar Rp3.500 aja buat sekali jalan dan bisa pindah koridor. Untuksampai di hutan mangrove PIK, kalian harus naik transjakarta koridor 9A dengan jurusan Pinang Ranti – Pluit dan turun di halte Pluit Village Mall.

Setelah itu Kamu haruis menyambung dengan angkot merah nomor B01. Angkot ini memiliki trayek Grogol – Angke. Kamu bisa turun di gerbang Pantai Indah Kapuk, dan tinggal jalan kaki untuk menuju ke pintumasuk kawasan Hutan Mangrove.

  • Bus dari terminal Blok M

Dari terminal Blok M, gunakan bus Steady Safe Non AC no 37 jurusan Blok M – Muara Angke. Biasanya bus ini cuma sampai di Mega Mall Pluit, jadi kalian harus menyambung dengan angkot merah nomor 11 dan turun di Jalan  Mandara. Dari Jalan Mandara ini Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot merah yang melintasi kawasan hutan mangrove PIK.

  • Kendaraan pribadi

Kalau nggak mau ribet emang enaknya pakai kendaraan pribadi. Ada dua alternatif yang bisa Kamu pilih untuk menuju ke Hutan Mangrove PIK.

Yang pertama Kamu bisa lewat tol dalam kota dan keluar di pintu tol Pluit. Setelah ketemu dengan Mega Mall Pluit jalan aja terus sampai masuk ke Jalan Muara Karang. Masih ambil jalan lurus sampai melewati jembatan, kamu akan ketemu dengan Pizza Hut. Ambil belokan ke kiri dan sampailah di kawasan Pantai Indak Kapuk. Pilihan kedua lebih mudah. Kamu bisa lewat tol bandara dan langsung keluar di pintu tol Pantai Indah Kapuk.

Tuh kan asik banget liburan sekaligus edukasi tanaman bakau di Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Cukup di satu tempat saja, kalian sudah bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia disini. Yakin deh pulang dari sini, kalian akan mendapatkan tenaga dan energi baru untuk melanjutkan aktivitas kalian masing-masing Sahabat deCODE!

Take a walk in the Forest and smell the wild air. Life is about adventures you take and the memories you make!

Reporter: Ken Akbar | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana