Menurut sejarah, Hari Musik Nasional jatuh pada tanggal 9 Maret. Karena tanggal tersebut bertepatan dengan hari lahirnya pencipta lagu Indonesia Raya, yaitu Wage Rudolf Supratman.

Nah, rencana untuk menjadikan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional sendiri telah disusun sejak tahun 2003 atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). Tujuan ditetapkannya Hari tersebut untuk mengapresiasi para musisi beserta karya mereka.

Perayaan Hari Musik Nasional juga tidak luput dari peran insan musik baik para musisi, penyanyi hingga penikmat musik. Ada banyak cara untuk meramaikan Hari Musik Nasional, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Motion Radio 97,5 FM. Tepat pada tanggal 9 Maret 2018, Motion Radio merayakan Hari Musik Nasional dengan menghadirkan para penyanyi dan musisi tanah air, seperti Armand Maulana, Petra Sihombing, The Overtunes, Novita Dewi dan TriSouls.

Acara tersebut berlangsung di Floating Stage, Food Society, Mall Kota Kasablanka yang beralamat di Jalan Casablanka Raya Kav. 88, Tebet, Jakarta Selatan. Acara yang berlangsung dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00 berhasil menarik perhatian para pengunjung mall yang sedang memanjakan diri.

Perayaan Hari Musik Nasional itu, diawali dengan melakukan obrolan seru mengenai musik antara MC dan bintang tamu. Acara tersebut dipandu oleh Genda Achmad yang juga bagian dari tim Motion Radio. Setelah selesai dengan obrolan tersebut, acara dilanjutkan dengan penampilan pertama dari musisi terkenal yaitu, Armand Maulana dengan menyanyikan lagu terbarunya yang berjudul Sebelah Mata.

Penampilan dilanjutkan oleh bintang tamu kedua yaitu, The Overtunes yang beranggotakan 3 laki-laki muda, diantaranya Mikha Angelo, Reuben Nathaniel dan Mada Emmanuelle. Lagu dengan judul Yours Forever menjadi lagu pertama yang dibawakan oleh The Overtunes dan sukses membuat penggemar mereka histeris.

Tidak berhenti sampai situ, keseruan Hari Musik Nasional terus berlanjut dengan penampilan dari penyanyi cantik Novita Dewi, Petra Sihombing dan yang terakhir dan gak kalah seru, yaitu TriSouls.

Reporter: Riska Fitria | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana