April 19, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Inilah 6 Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Setelah 70 Tahun Berpisah

3 min read
Inilah Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Setelah 70 Tahun Berpisah

Sumber foto: google.com

Apa sih yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata “Korea”?

Korea memang terkenal akan budayanya. Ketika membicarakan tentang Korea, mungkin pertama kali yang terbesit di pikiran oleh banyak orang adalah Korea Selatan yang marak akan K-Pop dan dramanya.

Tak mau kalah dengan Korea Selatan, Korea Utara juga banyak menjadi bahan perbincangan oleh banyak pihak karena gaya kepemimpinan Kim Jong Un. Mulanya, Korea Selatan dan Korea utara adalah negara serumpun. Sampailah pada saatnya akhir dari perang dunia ke dua, kedua negara tersebut terpecah sehingga menjadi dua negara yang berbeda.

Perseteruan antara Korea Utara dengan Amerika Serikat terkait dengan ancaman dan rencana peluncuran nuklir yang lalu juga ramai menjadi isu yang kerap dibicarakan. Di zaman yang modern nan serba canggih ini, Korea Utara tetap bertahan dengan sikapnya yang menutup diri dari dunia luar.

Di abad ke-21 ini, negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut sangat terisolasi. Tidak mudah untuk mendapatkan informasi terkait dengan hal-hal seputar Korea Utara. Sebaliknya, penduduk Korea Utara juga tidak diperbolehkan untuk mengakses informasi akan negara lain.

Dengan berpisahnya Utara dan Selatan negara Korea, ternyata terdapat juga perbedaan unik yang signifikan antara kedua negara tersebut. Berikut deCODE rangkum berbagai hal-hal yang jarang diketahui yang ada di Korea Selatan dan Korea Utara.

1. Pyongyang vs Seoul

Inilah Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Setelah 70 Tahun Berpisah
Gambaran kota Pyongyang dan Seoul

Pemandangan antara Pyongyang dan Seoul tak jauh berbeda. Keduanya sama-sama dipenuhi oleh banyak gedung tinggi. Di Korea Selatan, tepatnya di Seoul terdapat banyak toko di pinggir jalan yang dapat dikunjungi, mulai dari toko kue, make up, elektronik, dan lain-lain. Tak sedikit juga wisatawan yang datang untuk mengunjungi pertokoan tersebut.

Berbeda dengan di Pyongyang, di sana mereka diajarkan untuk berhemat dan tahu betapa berharganya sebuah uang. Pyongyang dan Seoul sebagai pusat wilayah bisnis juga nampak perbedaan di antara keduanya.

2. Tempat Tinggal Warga

Inilah Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Setelah 70 Tahun Berpisah
Gambaran kota Korea Utara dan Korea Selatan

Jumlah penduduk negara Korea Utara memang lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk di Korea Selatan. Apartemen di Korea Selatan sangat beragam harganya sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Harga sewa sebuah apartemen kecil di Korea Selatan mencapai 2 milyar rupiah per unitnya. Sedangkan di Korea Utara, menariknya adalah mereka tidak perlu membayar biaya sewa apartemen apabila mereka sudah terdaftar dan memiliki status menikah.

3. Gaya Busana

Inilah Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Setelah 70 Tahun Berpisah
Sumber foto: google.com

Gaya berbusana antara Korea Selatan dan Korea Utara cukup nampak terlihat perbedaannya. Modernisasi dan westernisasi di Korea Selatan tidak hanya terdapat pada industri musiknya saja. Dalam model berpakaian, Korea Selatan cukup modis dan sangat mengikuti trend terkini.

Melihat dari segi fashion Korea Utara, ada mitos yang menyebutkan bahwa warga Korea Utara harus mengenakan celana panjang dan hanya beberapa model rambut yang diperbolehkan di negara ini.

4. Pendidikan

Sama halnya sebagaimana mata pelajaran dasar yang diajarkan di sekolah, pendidikan di Korea Utara dan Korea Selatan juga mendapatkan materi pelajaran seperti matematika, geografi, seni budaya, dan bahasa inggris. Berbagai literatur dari Barat juga turut dipelajari di sekolah.

Namun, di Korea Utara, untuk menggambarkan gaya hidup negara Barat, para pelajar di Korea Utara menunjukkan gaya hidup negara-negara di Afrika. Untuk jenjang perguruan tinggi, di Korea Selatan, Universitas lokal menjadi tempat menuntut ilmu yang bergengsi.

5. Jalanan Kota

Ketika berkendara di jalanan kota, agar menjadi tertib pastinya aktivitas jalanan diatur oleh lampu lalu lintas. Di Korea Utara, hampir tidak terdapat sama sekali lampu lalu lintas untuk mengatur aktivitas jalanan. Meskipun mungkin terdapat beberapa lampu lalu lintas, namun banyak yang telah diganti oleh polisi yang bertugas untuk mengendalikan lalu lintas.

6. Keunggulan Perusahaan

Inilah Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara Setelah 70 Tahun Berpisah
Sumber foto: google.com

Tentu kita tidak asing lagi dengan brand Samsung, LG, dan Hyundai. Yup, itu semua adalah merek dari produk teknologi yang dihasilkan oleh negara Korea Selatan. Lain halnya dengan Korea Utara. Dikarenakan embargo ekonomi negara, Korea Utara tidak memiliki perusahaan semacam itu.

Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara tidak bisa disatukan. Korea Selatan adalah negara kapitalis dan sekutu Amerika Serikat, sedangkan Korea Utara adalah negara komunis dan sekutu China.

Reporter: Vanesa Bella | Editor: Sasya Semitari P & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.