Dibalik sebuah kesuksesan, ada banyak pihak yang ikut berjuang didalamnya. Namun sangat disayangkan, tidak semua pihak mendapat penghargaan karena ada beberapa pihak yang tidak dipublikasikan. Hidden Figures adalah sebuah film yang membawa tema itu lewat kisah perjuangan tiga wanita kuat yang berhasil memberikan jasa yang tidak dapat dilupakan.

Berdasarkan novel Margot Lee Shetterly, film ini mengajak para penonton mengungkap bagaimana Johnson dan kawan-kawannya membantu John Glenn mencetak sejarah sebagai astronot pertama Amerika yang berhasil mengelilingi orbit bumi Hidden Figures, memiliki latar tempat pada awal tahun 1960 dimana pada zaman itu Amerika memiliki masalah terkait perbedaan warna kulit.

Seorang wanita dengan kelebihan dalam bidang matematika mendapatkan sebuah misi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang sangat penting bagi keberhasilan para astronot NASA. “Hidden Figures memberikan inspirasi dan hiburan, mengajarkan untuk tidak membedakan kulit warna, dan sebuah perjuangan, film ini mempunyai hati yang baik” ujar  Paul Asay seorang kritikus film. (Pluggedin.com)

Film ini mendapatkan rating sebesar 92% menurut Rotten Tomatoes dan 7.9 menurut IMBb. Dengan menmperoleh nominasi dalam ajang Oscar 2017 dalam kategori Best Pictures, Best Writing Adapted Story, Satellite Award for Best Original Score.

Mahesa Putra Widodo