Hadirnya era new media atau biasa disebut dengan media baru (digital) menjadi salah satu wadah yang memudahkan kita dalam menerima serta menyebarkan segala tipe informasi, walau pada akhirnya pasti timbul pro kontra dari adanya media baru, salah satunya hoax. Tapi, jangan jadikan diri kita untuk selalu melihat ke arah ‘negatif’ nya, mari lihat pada sisi ‘positif’ yang bisa kita dapat dan kembangkan dengan media baru, satu di antaranya ialah untuk mengembangkan kreatifitas kita sebagai remaja, terutama di bidang seni. Lalu, apa kaitannya remaja, kreatifitas, dan media baru? mari kita kulik!

Bicara tentang seni, hal tersebut pastinya tidak terlepas dengan pelaku seni, karya seni, serta penikmat seni. Banyak dari kita bisa menjadi serta disebut sebagai pelaku seni atau seniman selagi kita dapat menciptakan karya-karya seni yang mengandung unsur artistic. Tapi, yang menjadi pertanyaan, apakah wadah untuk para seniman sudah mewadai? Terutama remaja seperti kita ini yang mungkin menghasilkan banyak karya seni tapi tidak bisa dipamerkan karena tidak mudahnya untuk tembus dalam suatu galeri pameran. Lalu bagaimana caranya? Media baru lah jawaban dan solusinya!

Seperti yang sudah ditulis di atas bahwa kalau kita bicara tentang seni, maka tak akan lepas dengan yang namanya pelaku seni, karya seni, serta penikmat seni. Dan seperti yang sudah dikatakan juga, bahwa sebagai pelaku seni (seniman), remaja seperti kita ini bisa dengan mudah menpublish karya seni yang telah kita dibuat agar bisa melengkapi unsur seni yang di atas, yaitu pelaku, karya, dan penikmat seni. Bagaimana caranya mempublish karya seni kita dengan mudah? Caranya dengan memfungsikan media baru secara baik, karena di media baru ini, ternyata banyak sekali terdapat platform-platform murah serta mudah yang bisa kita gunakan untuk keperluaan kita sesuai jenis dan tipenya. Karena dari tadi kita membahas seni, maka ada salah satu platform khusus seni yang bisa kita gunakan, yaitu “Deviantart – The Largest Online Art Gallery and Community”.

 Takmaj’s arts – Deviantart’s member

 

Sasya Semitari P