Kemenangan merupakan hal yang lumrah diinginkan oleh semua orang, terlebih lagi bagi mereka yang mengikuti peperangan. Hacksaw Ridge merupakan film biografi sekaligus drama dibalik perang dunia II yang disutradai oleh Mel Gibson dan dibintangi oleh Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Sorthington, Luke Bracey, Hugo Weaving, Teresa Palmer, dan Racher Griffiths. film ini mengisahkan diambil berdasarkan kisah nyata seorang prajurit medis Amerika Serikat yang bernama Desmond Doss pada Perang Dunia II.

Desmond Doss seorang pemuda yang sangat  taat agama, yang kemudian mendaftarkan dirinya ke Angkatan Darat sebagai tentara medis. Ayahnya yang bernama Tom Doss (Hugo Weaving) juga merupakan seorang veteran Perang Dunia I yang kemudian kecewa dengan keputusan Desmond untuk bergabung dengan Angkatan Darat. Desmond ditempatkan di bawah komando Sersan Howell (Vince Vaughn). Dari berbagai macam tes, Desmond lulus baik secara fisik dan pengetahuan, namun prinsipnya yang tidak mau menggunakan senjata sama sekali membuat ia hampir tersingkirkan.

Desmond beserta rombongannya ditugaskan untuk berperang di medan Pasifik. Selama pertempuran Okinawa, rombongannya ditugaskan untuk membantu Divisi Infanteri ke-96, yang bertugas memanjat dan mengamankan Tebing Maeda (Hacksaw Ridge). Pada pertempuran awal kedua belah pihak mengalami kekalahan yang berat yang menyebabkan banyaknya korban. Sementara Desmond berhasil menyelamatkan beberapa prajurit. Ketika malam hari, Desmond terus berjuang tanpa henti untuk membantu para tentara untuk mendapatkan perawatan secepatnya. Desmond membuktikan bahwa ia bisa berjuang dengan caranya sendiri. Tanpa menembak, mengebom dan membunuh.

Film ini mendapatkan penghargaan dalam ajang Oscars 2016 dalam kategori The Best Action Movie pada bulan Desember 2016 dan mendapatkan tepukan akhir selama 10 menit. “Film ini memberikan saya inspirasi dan kekuatan untuk selalu berjuang tanpa menyerah” ujar Andrew Garfield para wawancara Oscars 2016. Dengan nilai rating menurut Rotten Tomatoes sebesar 87% dan menurut IMDb sebesar 8.2/10.

 

Mahesa Putra Widodo