Jakarta Fair Kemayoran atau yang biasa kita kenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) merupakan ajang pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara. Acara ini sendiri sudah menjadi agenda rutin setiap tahun tanpa pernah putus. Jakarta Fair Kemayoran dapat dikatakan sebagai ajang promosi untuk berbagai macam produk. Tidak lain, ajang ini juga dikhususkan untuk memeriahkan HUT ke-491 Kota Jakarta.

Menyambut Ramadhan, libur lebaran, dan HUT Kota Jakarta, Pemprov DKI kembali menggelar acara tahunan ini. Tahun ini, Jakarta Fair Kemayoran berlangsung selama 40 hari dimulai sejak tanggal 23 Mei hingga 1 Juli 2018. Penyelenggaraan kali ini merupakan perayaan yang ke-51 sejak kali pertama diselenggarakan, yaitu pada tahun 1968.

Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2018 mengambil tema “Jakarta Fair Turut Berjuang Menyukseskan MICE Indonesia Dalam Proses Pembangunan Ekonomi Nasional”. Dengan sub tema “Marilah Bersama-sama Saling Mengisi dan Saling Berlomba Mengurangi Kesenjangan serta Memajukan Bangsa dan Negara Indonesia Tercinta”.

Tema ini diambil karena Jakarta Fair Kemayoran merupakan salah satu pencetus ajang pameran multi-produk terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia Tenggara. Di samping itu, Jakarta Fair juga merupakan salah satu tolak ukur perkembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) di Indonesia.

Gelaran PRJ tahun ini diikuti oleh 2700 peserta perusahaan yang memamerkan berbagai produk unggulan mereka masing-masing. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha mulai dari yang kecil maupun perusahaan yang sudah mencapai skala internasional. Para peserta memamerkan produk dari berbagai sektor industri, seperti otomotif mobil dan motor, handphone, komputer, barang elektronik, peralatan rumah tangga, pakaian, alat olahraga, kerajinan tangan, kuliner, kosmetik, dan masih banyak lagi.

Jakarta Fair Kemayoran tahun ini juga menarik perhatian bagi semua orang. Pasalnya, digelar bertepatan dengan bulan suci Ramadahan. Tepat sekali untuk dijadikan destinasi kalian saat ngabuburit lho, sahabat deCODE!

Untuk para pecinta kuliner, Jakarta Fair Kemayoran merupakan pelarian yang tepat untuk kalian kunjungi. Dapat dilihat dari banyaknya titik area kuliner yang tersedia di sana. Dengan mengusung konsep Pasar Malam modern, tempat ini berisikan aneka macam sajian kuliner nusantara maupun mancanegara yang tentunya dapat menggugah selera kalian.

Dengan tiket masuk kurang lebih sebesar Rp.35.000,- kalian sudah bisa merasakan semarak meriahnya Jakarta Fair Kemayoran. Tunggu apalagi, yuk kita ke Jakarta Fair Kemayoran sambil ngabuburit dan menghabiskan waktu libur lebaran!

Reporter & Fotografer: Ken Akbar Editor: Sasya Semitari P & Galih Perdana