Jawa Timur selalu terkenal akan keindahan pegunungannya. Seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Arjuno, Gunung Kelud dan lain sebagainya. Namun, jangan salah. Keindahan yang berbeda datang dari salah satu Kabupaten di Jawa Timur, Tuban, yaitu Air Terjun Putri Nglirip.

Belum diketahui banyak orang, ternyata Tuban memiliki keindahan Air Terjun yang tiada duanya. Yakni Air Terjun Putri Nglirip yang bertempat di pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Dengan ketinggian sekitar 25-30 meter, Air Terjun Putri Nglirip dihiasi dengan pemandangan alam yang hijau dan bebatuan besar di sekitar Air Terjun tersebut.

Berada di tebing dengan lebar sekitar 20 meter yang membentuk cekungan, membuat air terjun terlihat cantik dengan warna air yang terlihat kebiruan. Air terjun tersebut tidak pernah kering, bahkan pada saat musim kemarau sekalipun. Justru pada musim kemarau, Air Terjun Putri Nglirip akan lebih terlihat mempesona.

Meskipun dengan debit air yang kecil, justru membuat air terjun tersebut terlihat lebih jernih. Keindahan Air Terjun Putri Nglirip digadang-gadang bagaikan surga yang tersembunyi.

Untuk menuju lokasi wisata, para wisatawan bisa menggunakan angkutan umum yang tersedia di sana ataupun menggunakan transportasi pribadi.

Di lokasi wisata juga terdapat lahan parkir untuk memarkirkan transportasi pribadi. Harga tiket masuk yang ditawarkan pun, sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 5.000 saja. Selain itu, di sekitar air terjun juga menyediakan spot foto yang memperlihatkan keindahan air terjun dan alam sekitarnya. Dengan tarif Rp. 5000. Sangat terjangkau, bukan?

Sayangnya, keindahan Air Terjun Putri Nglirip tidak diimbangi dengan pembangunan fasilitas di sekitar wisata air terjun. Di sekitar wisata hanya ada warung-warung penjual makanan ringan saja. Fasilitas seperti toilet dan mushola juga belum tersedia di sana. Apabila wisatawan ingin menggunakan fasilitas toilet dan mushola, wisatawan bisa menggunakan milik masyarakat sekitar yang tersedia di desa Mulyo Agung tersebut.

Ayo sahabat deCODE, kalau kalian sedang berada di sekitar Jawa Timur, Air Terjun ini tentunya menjadi rekomendasi terbaik wisata alam kalian!

Reporter: Riska Fitria Editor: Galih Perdana