Masa perkuliahan memang salah satu masa emas dalam kehidupan kita. Dimana kita telah berada pada suatu lingkungan baru yang membuka kita pada kesempatan dan hal-hal baru yang mungkin belum kita temui sebelumnya. Banyak moment berharga yang sayang sekali untuk dilewatkan mahasiswa misalnya datang seminar, demo, musyawarah besar dan yang paling ditunggu setiap setahun sekali, pemilihan umum ketua himpunan / korps mahasiswa.

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UAI, terdapat sebuah organisasi yang mewadahi mahasiswa komunikasi yang bernama KOMIK (Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi). Organisasi KOMIK sudah aktif sejak beberapa tahun silam dan terus berkembang hingga hari ini. Sebagai organisasi, tentu KOMIK memiliki struktur yang jelas mulai dari Ketua, Wakil ketua, BPH hingga berbagai divisi lain yang mendukung.

Ketua dan Wakil Ketua KOMIK dipilih langsung oleh seluruh mahasiswa Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia. Pada Rabu, 18 Oktober kemarin, KOMIK baru saja melangsungkan pemilihan umum atau yang biasa mereka sebut “Pemira” untuk memilih calon ketua dan wakil ketua KOMIK untuk periode 2017-2018.

Seperti pemilu pada umumnya, Pemira KOMIK juga memiliki serangkaian acara seperti Debat antar Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua, Masa kampanye, hingga minggu tenang kampanye.

Pemira kali ini merupakan Pemira kali ke empat yang telah KOMIK laksanaakan. Tahun ini ada empat pasangan calon yang  mencalonkan sebagai Ketua dan wakil ketua KOMIK periode 2017/2018 yaitu Pasangan calon 1, Annisa Fikriya Sari dan Noval Fadillah, Pasangan calon 2, M. Zainal Arifin dan Nurul Annisa Salampessy, Pasangan calon 3, M. Iqbal dan Nabila Deviana, dan terakhir Pasangan calon 4, Izzavia Nurfadilah dan Shintia Tompunu.

Setelah proses pemilihan yang berlangsung Rabu 18 Oktober 2017 mulai pukul 09.00 – 15.00, panitia pemira langsung menghitung hasil suara untuk di umumkan pemenang dari pemilihan ketua dan wakil ketua KOMIK tahun ini.

setelah proses penghitungan, terpilihlah Pasangan calon 2 yaitu M. Zainal Arifin dan Nurul Annisa Salampessy dengan 19 1 suara dari total 431 suara. M. Zainal Arifin sebagai Ketua KOMIK terpilih periode 2017/2018 mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh keluarga besar Ilmu Komunikasi dan ia berpesan agar semua pihak dalam Ilkom bisa kooperatif dan  membantu semua proses program kerja yang telah disiapkan oleh pasangan Nomor 2.

Penyerahan serah terima jabatan langsung dilakukan pada hari yang sama oleh Ketua dan Wakil Ketua KOMIK periode 2016-2017 Arief & Raffi dan disaksikan oleh Mahasiswa Ilmu KOmunikasi dan beberapa dosen.

Selamat atas suksesnya acara Pemira Ilkom tahun ini dan Selamat atas terpilihnya M. Zainal Arifim dan Nurul Annisa sebagai pemimpin baru KOMIK!

Semoga diatas punggung mereka, seluruh keluarga Ilmu Komunikasi bisa bergandengan tangan untuk menjadi Ilkom yang bukan hanya menjadi nomor satu di lingkungan kampus, melainkan dapat berkembang dan diperhitungkan  di luar kampus.

Author: Rizky Amelia & Zulfikar Alfiansyah

Gambar: Panitia Pelaksana Pemira KOMIK 2017