Hallo Sahabat deCODE! Sebentar lagi kita akan menghadapi ujian tengah semester loh.
Udah siap belum nih? Untuk mendapatkan hasil yang bagus kita harus mempersiapkannya dengan maksimal.

Kebanyakan dari kita pasti hanya belajar ketika menjelang ujian saja. Cara ini sebaiknya mulai dihilangkan, Sahabat deCODE! Belajar seperti itu justru sangat tidak efisien, karena akan membuat tubuh ngantuk, letih, lesu, atau bahkan sakit di ke-esokan harinya. Nah,disini ini kita akan membahas tips asyik belajar efektif dan berbagai persiapan lainnya yang menentukan keberhasilan ujian.

1. Tentukan Target

Tips Asyik Menghadapi Ujian Tengah Semester Mahasiswa UAI

Sumber: assets.rbl.ms

Pertama-tama, cobalah tentukan target nilai ujianmu. Apakah kamu ingin semua nilai A, atau mungkin kamu hanya ingin mematok minimal tidak C, dan target lainnya. Mengapa harus menentukan target? Karena target yang jelas akan berimplikasi kepada seberapa banyak usaha yang harus kamu keluarkan, intinya adalah kamu harus tahu terlebih dahulu targetmu.

2. Tetapkan Komitmen 

Tips Asyik Menghadapi Ujian Tengah Semester Mahasiswa UAI

Sumber: mindwell.healthy

Setelah menentukan target, tetapkan sebuah komitmen. Komitmen merupakan janji antara kamu dan dirimu sendiri. Janji tersebut tidak boleh dirusak. Pikirkan konsekuensi apa yang akan terjadi jika kamu melanggar atau stay dengan komitmen tersebut. Tentukan juga apa yang akan kamu lakukan bila targetmu tidak tercapai.

3. Cicil Belajar

 

Tips Asyik Menghadapi Ujian Tengah Semester Mahasiswa UAI

Sumber: Weheartit.com

Di sini kita memang dituntut untuk mulai menyicil bahan-bahan ujian. Sekurang-kurangnya sediakan waktu seminggu sebelum UTS untuk me-review kembali bahan-bahan kuliah. Tidak ada yang terlambat. Meskipun hari ini kita telah menghadapi UTS masih ada kesempatan meluangkan waktu untuk belajar.

4. Tentukan Gaya Belajar

Tips Asyik Menghadapi Ujian Tengah Semester Mahasiswa UAI

Sumber: USCNEWS.com

Pilih gaya belajar yang paling sesuai dengan diri masing-masing. Ada orang yang lebih “nyerap” dengan cara mendengarkan saja, melihat saja, atau bahkan kombinasi dari bermacam gaya belajar. Ada juga belajar dengan mendengarkan musik agar tidak bosan. Tentukan cara belalar yang dapat membuat kamu nyaman.

5. Belajar Kelompok 

Tips Asyik Menghadapi Ujian Tengah Semester Mahasiswa UAI

Sumber: Collagemagazine.com

Kegiatan belajar secara berkelompok akan terasa lebih menyenangkan dan lebih santai sehingga semua materi yang kita pelajari bersama akan lebih mudah kita pahami. Jangan mengajak terlalu banyak teman karena hal itu dapat memicu kita tidak konsentrasi, sebaiknya belajar kelompok dilakukan 4-6 orang.

6. Berdoa

Tips Asyik Menghadapi Ujian Tengah Semester Mahasiswa UAI

Sumber foto: tumblr.com

Berdoa hal yang sangat diwajibkan disetiap kegiatan apapun yang akan kita lakukan. Jika semua usaha sudah maksimal, peralatan tempur sudah lengkap, saatnya untuk menyerahkan hasil kepada Tuhan.

Usaha =  Hasil.

Jika hasil yang kita dapatkan tidak seperti yang kita harapkan maka usaha kita belum maksimal. Semangat UTS-nya, Sahabat deCODE!

Reporter: Zahrany Fairuz Syifa Editor: Karina Clarasaty