Hayoo ngaku siapa sahabat deCODE yang suka ngaret? tidak sengaja apa memang kebiasaan? ngaret adalah nama lain dari datang terlambat. Nah, sering kali kita mengagendakan perjanjian satu jam sebelumnya, karena kita tahu kemungkinan kita atau diantara teman kita yang datang tidak tepat waktu. Ngaret bisa terjadi karena berbagai macam hal, salah satu hal yang paling umum adalah karena macet.

Tidak bisa dipungkiri waktu diperjalanan memang kerap kali sulit di prediksi, namun apakah macet memang selalu menjadi alasan untuk datang terlambat? atau memang ngaret adalah sebuah kebiasaan? Kebiasaan adalah sesuatu yang sudah dilakukan secara terus menerus sejak lama. Tentu saja kebiasaan datang terlambat ini tidak baik dan banyak orang yang menganggap kebiasaan ini perlu dimaklumi. Namun sesungguhnya banyak hal yang merugi jika kita terus mempertahankannya dan tidak berusaha untuk mengubahnya.

Yuk simak berikut ini adalah alasan mengapa kita harus membiasakan datang tepat waktu versi deCODE Magazine!

1. Mendisplinkan Diri

5 Alasan Kita Harus Datang Tepat Waktu

Sumber: IDN Times

Salah satu cara mendisiplinkan diri adalah dengan datang tepat waktu. Semua kegiatan yang kita lakukan berkaitan dengan waktu, dengan cara sederhana datang tepat waktu kamu akan terbiasa untuk berperilaku disiplin.

2. Dapat Memanfaatkan Kesempatan Dengan Sebaik-baiknya

5 Alasan Kita Harus Datang Tepat Waktu

Sumber: IDN Times

Pernah dengar kalimat ini “Kesempatan tidak datang dua kali”. Dengan tepat waktu kita dapat mengerjakan pekerjaan kita dengan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Kita tidak perlu repot untuk mengubah jadwal jika datang terlambat, kamu dapat memanfaatkan kesempatan yang ada jika datang tepat waktu.

3. Lebih Produktif Dengan Dapat Menyelesaikan Lebih Banyak Hal

5 Alasan Kita Harus Datang Tepat Waktu

Sumber: Gallup

Datang tepat waktu adalah bagian dari rencana yang harus kamu tepati. Hari-hari yang akan dijalani tidak akan terbuang sia-sia jika kamu dapat datang tepat waktu dan mungkin saja akan banyak hal yang dapat diselesaikan lebih banyak jika tidak datang terlambat, dan kamu akan menjadi lebih produktif.

4. Bagian Dari Menghargai Diri Sendiri Dan Orang Lain

Alasan Kita Harus Datang Tepat Waktu

Sumber: Pixabay

Pernahkah kamu merasakan menunggu teman kamu yang datang terlambat? tidak enak bukan? Datang tepat waktu merupakan bagian dari cara kita menghargai orang lain. Orang lain akan merasa dihargai jika kamu dapat menepati janjinya untuk datang tepat waktu. Bukan hanya orang lain yang kamu hargai tapi kamu juga menghargai diri kamu sendiri. Tentu kita tidak ingin waktu kita yang sudah direncanakan tidak terlaksana dengan baik jika kita sendiri tidak datang tepat waktu.

5. Membangun Citra Yang Baik

5 Alasan Kita Harus Datang Tepat Waktu

Sumber: IDN Times

Datang tepat waktu dapat menunjukan bahwa kamu adalah orang yang dapat diandalkan, kamu menunjukan bahwa dirimu merupakan orang yang dapat dipercaya, berusaha untuk berkomitmen menepati janji. Bukan hanya itu, kamu juga menunjukan bahwa dirimu adalah orang yang berintegritas. Cara sederhana untuk membangun citra yang baik adalah dengan datang tepat waktu.

Terlepas dari ketidaksengajaan untuk datang terlambat, kita juga harus menyadari bahwa ada dampak yang besar jika kita datang tepat waktu. Alasan-alasan yang terlalu sering dilontarkan ketika datang terlambat sudah tidak relevan lagi. Saat ini datang terlambat bukan lagi disebabkan karena hal hal ketidaksengajaan namun sudah menjadi bagian dari kebiasaan yang membudaya.

Jadi sahabat deCODE hilangkan kebiasaan datang terlambat ya! Karena banyak hal yang akan kamu rugikan jika terus mempertahankan kebiasaan datang terlambat.

Reporter: Maulani Mulianingsih Editor: Faisal Barakuan