Beberapa waktu lalu Reporter deCODE Magazine mengunjungi pusat pameran kerajinan seluruh indonesia yang paling bergengsi. Ia adalah Crafina 2018. Acara ini adalah sebuah pameran yang menampilkan, memperlihatkan dan menyediakan kerajinan-kerajinan dan karya-karya anak bangsa yang ada di Indonesia yang diselenggarakan tiap tahunnya di Indonesia. Crafina juga menjadi wadah bagi seluruh pengrajin handmade dan pelaku bisnis untuk mengangkat origunalitas produk mereka.

Dengan mengusung tema “From Natural Resources to Creative Products for Lifestyle” diharapkan selain menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat yang dapat mewakili karasteristik masyarakat Indonesia, tetapi juga memberikan sarana promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia.

Semarak Produk Kerajinan Nusantara di CRAFINA 2018

Foto: Pramundhitya

Terutama untuk memamerkan, mengenalkan dan memasarkan hasil-hasil kerajinan yang mereka miliki ke masyarakat luas yang nantinya dapat mendukung perkembangan dan eksistensi produk kerajinan Indonesia. Melalui pameran ini pula, perajin, pengusaha, produsen dan masyarakat diajak untuk mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia yang multikultural.

Banyak berbagai macam kerajinan lifestyle yang dipamerkan, seperti batik-batik, accessories untuk perempuan dan laki-laki, makanan dan minuman dari beberapa daerah di Indonesia. Crafina 2018 menjadi destinasi para pencinta handicraft dari berbagai kalangan. Seperti pejabat, pembisnis dan pencinta handicraft.

Pemerintah, dengan program ekonomi kreatifnya, terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mencintai dan menggunakan produk Indonesia, khususnya produk kerajinan, sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus melestarikan kebudayaan Indonesia.

Para pengunjung sangat antusias melihat karya-karya dan kerajinan anak bangsa yang dipampang di Crafina 2018 ini. Banyak dari mereka yang melihat hingga membeli handicraft yang ada disana. Rata-rata pengunjung yang datang ke pameran ini adalah ibu-ibu muda hingga ibu-ibu paruhbaya. Pengunjung yang datang pastinya adalah orang-orang yang cinta produk asli Indonesia. Karena disinilah mereka bisa melihat karya-karya anak bangsa dari Sabang hingga Merauke.

Terselenggaranya Crafina 2018 juga tidak hanya menjadi wadah untuk pengrajin mengeksplorasi kerajinan mereka. Namun, juga membuka peluang untuk mereka (para pengrajin) yang tidak diketahui oleh masyarakat luas dan akhirnya diketahui masyarakat luas. Dan juga membuka peluang bisnis bagi para pengrajin.

Terdorongnya keinginan-keinginan yang para pengrajin yang ingin mengekplorasi kerajianan mereka, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT. Mediatama Binakreasi ingin sekali mengakomodasikan kepentingan para pengrajin ini, pengusaha dan pelaku bisnis industri kerajinan dengan menyelenggarakan kembali pameran Resource of Indonesia Craft atau Crafina 2018 pada tanggal 11-14 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center.

Reporter: Pramundhitya Haeni Putri Editor: Novia Aprilia Hermawan