Hallo sahabat deCODE! Welcome to December! Gak terasa ya 2018 sebentar lagi bakal tutup buku nih. Gimana kalian sudah siap menyambut tahun 2019 belum? Apa kalian juga sudah punya harapan dan resolusi yang ingin diwujudkan tahun depan?

Di awal penghujung tahun ini tepatnya pada 1 Desember 2018 kemarin, Indorelawan bersama Campaign dan Indonesia Future Leaders telah sukses menyelenggarakan Festival Relawan di Piazza Area, Gandaria City, Jakata Selatan lho.

Dengan mengusung tema “Ambil Peran Jadi Relawan”,  acara ini menjadi puncak sekaligus peringatan Hari Relawan Internasional yang jatuh pada 5 Desember dan peringatan bencana Tsunami Aceh pada 26 Desember.

Sebagai apresiasi terhadap kolaborasi komunitas dan organisasi untuk mau bekerjasama dengan relawan, acara yang mempertemukan organisasi dengan para relawan ini merupakan kegiatan tahunan dan sudah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menyajikan empat penel diskusi, tahun ini Festival Relawan menyajikan tujuh penel diskusi dengan berbagai topik yang sedang menjadi perhatian masyarakat khususnya kaula muda seperti topik kesehatan, partisipasi anak muda dalam politik, lingkungan, pendidikan dan tentu saja kerelawanan.

Pembicara yang digandeng oleh penyelenggarapun tokoh ternama dalam bidangnya contohnya seperti Morgan Oey (Aktor dan Ambassador Indorelawan), Pangeran Siahaan (co-founder Asumsi.co), Christian Bong (Founder @indomusikgram), Maria Harfanti (Miss Indonesia 2015 dan founder of Bangun Sekolah), Chiki Fauzi (Spokeperson Wardah) dan masih banyak lagi.

“Harapannya panel-panel ini dapat memberikan pengetahuan kepada seluruh relawan dan teman-teman yang hadir dalam festival relawan dan menularkan virus kerelawanan kepada seluruh teman-teman yang hadir disini” kata Ahmad Aziz, Community Engagement Officer Campaign.

Festival Relawan memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang belum tahu tentang dunia kerelawanan, agar bisa mewujudkan niat baik menjadi aksi baik dengan ikut serta mengambil bagian menjadi relawan itu sendiri.

Diselenggarakan selama 12 jam dari pukul 09.00 hingaa pukul 21.00, acara ini menghadirkan 15 booth komunitas dari berbagai bidang antara lain seperti bidang Pendidikan, bidang kesehatan, bidang lingkungan, bidang politik hingga bidang disabilitas. Para peserta bisa secara langsung berbincang dengan para relawan yang sudah tergabung dalam organisasi atau komunitas agar mengenal kegiatan-kegiatan sosial yang ada lewat mini volunteering.

Bagi sahabat deCODE yang tertarik untuk mengenal dan ingin terjun langsung dalam dunia kerelawanan, tak hanya sampai disini, setelah Festival Relawan selesai para inisiasi acara bersama dengan para komuitas dan organisasi akan melanjutkan kegiatan dengan berbagai macam aktivitas kerelawanan dalam bulan relawan nasional yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Desember 2018 sampai 20 Desember 2018.

Pada bulan relawan nasional nanti, Indorelawan mengajak kaula muda untuk melakukan gerakan #10JamAksiBaik dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kerelawanan yang bisa kalia ketahui dengan mengunjungi website festivalrelawan.com. Akan ada banyak kegiatan dari berbagai bidang yang bisa kamu pilih sendiri untuk berpartisipasi. Oh ya, Morgan Oey selaku brand ambassador Indorelawan juga turut serta loh dalam gerakan ini. Ayo, jangan kalah sama Morgan yang punya kesibukan segudang tapi tetep bisa bermanfaat untuk sekitar!

Seperti hadits yang dihasankan oleh Al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda :

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Bagaimana sahabat deCODE? Tertarik tidak mewujudkan niat baik menjadi aksi baik? Tunggu apa lagi, daftarkan dirimu segera di festivalrelawan.com untuk merasakan manfaatnya.

Reporter: Nia Aulia Editor: Novia Aprilia Hermawan