Pernahkah terbayang didalam benak kalian untuk membantu orang lain yang benar-benar tidak kalian kenal sebelumnya? Entah itu berada di sekitar kalian maupun tidak. Apabila kalian berusaha membantu orang tersebut dengan usaha kalian, bagaimana perasaan kalian setelah melakukannya? Apakah ketika melihat orang tersebut bahagia maka kalian akan ikut bahagia atau sebaliknya?

For your information, menurut sumber dari Tribunnews.com ternyata menolong orang lain berdampak pada kesehatan fisik dan jiwa kalian lho. Hal itu disebabkan karena hormon stress di dalam tubuh akan berkurang, percaya diri akan lingkungan sekitar serta kalian akan senantiasa merasa bahagia.

Sahabat deCODE, pada 5 Desember kemarin di peringati sebagai Hari Relawan Internasional lho. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi organisasi atau individu untuk melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar baik tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Menjadi relawan dalam suatu forum baik bersifat organisasi maupun individu harus memiliki komitmen serta tanggung jawab yang besar. Sudah seharusnya, kita sebagai manusia memiliki sifat saling membantu kepada sesama tanpa memandang suku, ras dan agama.

Hari Relawan Internasional, apa yang sudah kalian lakukan?

Sumber Foto: katadata.co.id

Masing-masing individu tentu memiliki ketertarikan hal yang berbeda-beda dalam melakukan suatu aksi kecil yang berdampak besar bagi kehidupan. Berdasarkan sumber dari Charities Aid Foundation (CAF) lembaga World Giving yang tersebar di seluruh dunia, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai Negara Yang Paling Dermawan dan mengalahkan negara Australia serta Amerika. Jumlah negara yang di survey oleh Charities Aid Foundation pada tahun 2018 sebanyak 146 negara dalam pemeringkatan World Giving Index. Wah membanggakan ya Sahabat deCODE. Dalam hal ini, Charities Aid Foundation melakukan 3 indikator penilaian di berbagai lintas umur, gender dan lainnya seperti membantu orang asing, donasi uang, serta partisipan menjadi relawan menjadi tolak ukur dalam indeks perilaku ini.

Sangat membanggakan melihat antusiasme kebanyakan masyarakat Indonesia yang sangat peduli dengan sesama. Namun, dengan tercapainya sebuah prestasi membanggakan ini untuk Indonesia lantas jangan membuat diri kita terlena dan enggan kembali membantu orang lain. Menurut survey yang di lakukan Charities Aid Foundation, membantu orang lain pada umur 15-29 tahun menjadi persentase terbesar kedua setelah umur 30-49. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda sangat care dengan masalah yang timbul dalam sekeliling mereka dan ingin melakukan perubahan untuk diri nya sendiri dan orang lain.

Hari Relawan Internasional, apa yang sudah kalian lakukan?

Sumber Foto: act.id

Maka dari itu, dorong semangat kalian untuk berbuat lebih baik untuk masyarakat dan lingkungan. Kini, berbagai macam cara untuk mewujudkan kemampuan kalian dalam melakukan aksi relawan, baik dalam bidang pendidikan, lingkungan, kemanusiaan, hewan dan masih banyak lagi.
Nah melihat hasil survey diatas, apakah Sahabat deCODE tertarik apabila mendapatkan kesempatan menjadi relawan? Menarik untuk ditunggu.

Reporter : halimah saadiyah.   Editor: Faisal Barakuan