Selamat Hari Hak Asasi Manusia Intenasional! Sejak tahun 1948 Pada tanggal 10 Desember Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa mendeklarasikan secara universal Hak Asasi Manusia. Kalian tahu tidak Sahabat deCODE bahwa Hak Asasi Manusia itu penting banget lho.

Hak asasi manuasia adalah hak mendasar yang dimilliki oleh setiap manusia yang melekat sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Setiap manusia berhak untuk memustuskan bagaimana dan dimana menjalani hidupnya, mengutarakan pendapat, beribadah kepada tuhan, atau tidak sama sekali, dan lain lain.

Sahabat deCODE, sebagai manusia yang memiliki hak, kita tentu saja harus belajar serta paham tentang Hak Asasi Manusia. Nah berikut adalah tiga hal penting mengapa Hak Asasi Manusia harus ada dan dipelajari :

1. Sebagai jaminan hidup, bahwa kita memliki hak.

3 Hal yang Harus Dipahami Tentang Hak Asasi Manusia Versi deCODE

Sumber: makassar.tribunnews.com

Kita sebagai manusia tentu saja punya martabat. Kita tidak ingin di injak injak, dibully, di perbudak atau di pekerjakan secara paksa. Kita harus tahu bahwa kita memilik hak dan orang lain perlu menghargai dan menghormati hak setiap orang. Setiap orang tidak boleh mengurangi atau mentiadakan hak seseorang, maka kita perlu belajar tentang Hak Asasi Manusia

2. Salah satu cara menghargai dan menghormati hak orang lain, bahwa semua orang memiliki hak.

3 Hal yang Harus Dipahami Tentang Hak Asasi Manusia Versi deCODE

Sumber: winduhadi.com

Hayo! Sahabat deCODE siapa yang masih suka menggangu orang lain? seperti menggangu orang lain untuk menentukan pilihan hidupnya. Mungkin kita tidak mengerti bahwa setiap orang memiliki hak, maka itu diperlukan pembelajaran tentang Hak Asasi Manusia. Kita harus tahu bahwa setiap orang memiliki hak dan kita harus menghargai itu. Jika kita mengharagai HAM seseorang, maka akan tercipta kedamaian.

3. HAM merupakan bagian dari bentuk preventif terhadap penyimpangan.

3 Hal yang Harus Dipahami Tentang Hak Asasi Manusia Versi deCODE

Sumber: www.dakwatuna.com

Karena HAM adalah hak semua orang, tentu saja kita tidak ingin melakukan hal hal yang merugikan orang lain. Kita perlu tahu bahwa semua orang memilik hak dan harus dihargai namun terciptanya HAM tidak boleh dilakukan seenaknya, melakukan hal-hal yang dapat merugikan orang lain juga.

Sahabat deCODE Hak Asasi Manusia hadir pada dasarnya untuk memanusiakan manusia. Kita perlu tahu bahwa setiap orang mempunyai hak, namun bukan untuk berlaku sebebas-bebasnya. HAM seseorang dibatasi oleh HAM orang lainnya. Jadi, tidak boleh ya Sahabat deCODE berprilaku seenakanya dengan mendasarkan bahwa itu adalah haknya, kita harus hidup berdampingan juga dengan hak orang lain, agar tercipta kehidupan yang nyaman, aman, damai dan tentram.

Reporter: Maulani Mulianingsih Editor: Faisal Barakuan