Tik..tik..tik.. Waktu terus berdetik hingga berganti menit menjadi jam yang tak lama mengubahnya berganti hari. Tak terasa waktu begitu cepat telah terlewat. Kini, hanya tinggal menghitung hari untuk menuju tahun yang baru dan kita akan segera meninggalkan tahun 2018. By the waySahabat deCODE apakah sudah memiliki rencana untuk menghabiskan detik-detik terakhir di 2018? Jika belum, Berikut ini deCODE akan memberikan beberapa referensi perayaan tahun baru yang unik di berbagai lintas negara di dunia

1. Ekuador

Perayaan Tahun Baru Unik Di Berbagai Lintas Negara Di Dunia
Sumber Foto: Infospesial.net

Negara bagian di Amerika Selatan ini memiliki tradisi perayaan malam tahun baru yang unik loh Sahabat deCODE. Di Ekuador, tokoh-tokoh yang di benci oleh masyarakat seperti koruptor, politisi dijadikan model orang-orangandari kertas koran, jerami dsb, lalu melewati tengah malam, orang-orangantersebut di bakar untuk melambangkan terhapusnya tahun yang terlewat dan menyambut tahun yang baru. 

Selain tradisi ini, terdapat pula tradisi “janda menangis”. Disini laki-laki yang berpakaian seperti wanita dan harus menghibur orang tertawa dengan cara menangis habis-habisan lalu orang disekelilingnya memberikan uang. Berbeda halnya, orang Ekuador juga memiliki tradisi yaitu memakan buah anggur sebanyak 12 buah dan saat memakannya sambil mengucapkan harapan dan harus dimakan sebelum tengah malam.

2. Jepang

Perayaan Tahun Baru Unik Di Berbagai Lintas Negara Di Dunia
Sumber Foto: nipponclub.net

Negara yang penuh dengan segala kemajuan teknologi dan gaya hidup nya tidak melupakan tradisi yang telah di anutnya selama beberapa puluh dekade. Di Jepang, pada saat merayakan malam tahun baru terdapat tradisi makan mie soba dan ikan sarden. Selain itu, penduduk di Jepang memiliki tradisi Toshigamiatau yang lebih dikenal dengan Dewa tahun baru dan tradisi ini dilakukan dengan cara tidak tidur hingga pagi hari. Di Jepang, pada malam-malam pergantiaan tahun baru kuil-kuil Buddha melakukan tradisi membunyikan genta sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia. Selain itu, terdapat pula tradisi Otoshidamayaitu sebuah tradisi pemberian angpaountuk anak-anak.

3. Meksiko

Perayaan Tahun Baru Unik Di Berbagai Lintas Negara Di Dunia
Sumber Foto: niindo.com

Sama hal nya di Ekuador, di Meksiko terdapat tradisi memakan 12 buah anggur sambil mengikuti bunyi lonceng gereja menjelang pergantian tahun. Memakan buah anggur dengan mengucapkan sebuah harapan pada tahun yang baru. Kemudian pada malam tahun baru apabila terdapat orang yang ingin menemukan pasangan mengenakan pakaian dalam berwarna merah. Sedangkan pakaian dalam berwarna kuning dengan isyarat ingin mendapatkan rezeki. 

Nah gimana nih, apakah Sahabat deCODE sudah memiliki rencana dan goalsyang akan dicapai pada tahun 2019? Semoga ditahun 2019 harapan dan berkah lebih banyak datang dan membuat kebahagiaan untuk diri kita semua.

Reporter : halimah saadiyah Editor: Faisal Barakuan