Seperti apa sih suasana di dalam bioskop ketika kita tengah menyaksikan film? Hening? Ya, pada dasarnya memang ada aturan yang mewajibkan kita untuk tidak berbicara dengan keras ketika sedang nonton di bioskop karena dapat mengganggu penonton lain. Bahkan aturannya sudah jelas diberitahukan setiap kali film akan dimulai.

So, bagaimana jika seisi bioskop dibuat tidak mampu duduk dengan tenang hingga berkali-kali berseru keras ketika film tengah diputar? Well, film Us berhasil membuat penonton gelisah dan kesulitan untuk diam di tempatnya selama penayangan film. Bagaimana tidak? Us hadir dengan ide cerita horror-thriller yang segar dan memiliki ketegangan yang dapat membuat siapa saja yang menyaksikannya gregetan tanpa henti. Huh sangat menarik ya Sahabat deCODE

Us: Bagaimana Jika Kita Bukan Hanya ‘Kita’?
iMDb.com

Us ditulis dan disutradarai oleh Jordan Peele yang juga merupakan seorang aktor asal Amerika Serikat, yang tayang pertama kali di festival tahunan South by Southwest (SXSW), Texas pada 8 Maret 2019. Film ini sukses dan mendapat keuntungan sebesar 70,3 juta USD pada penayangan di minggu pertamanya. Bahkan film ini pun berhasil menggeser posisi Captain Marvel dan menduduki puncak Box Office.

Dan omong-omong soal Marvel, bagi penggemar Marvel dan para pecinta film pasti tidak masing lagi dengan film Black Panther, ya kan? Nah, pemeran utama dari film ini diperankan oleh dua pemain dari Black Panther lho, Sahabat deCODE! Mereka adalah Lupita Nyong’o yang dalam Black Panther berperan sebagai Nakia, lalu Winston Duke yang dalam Black Panther berperan sebagai M’baku. Dalam film ini mereka berperan sebagai pasangan suami istri bernama Adelaide Wilson dan Gabriel Wilson. Sekarang simak yuk sedikit sinopsisnya.

Us: Bagaimana Jika Kita Bukan Hanya ‘Kita’?
iMDb.com

Us bercerita mengenai sebuah keluarga yang terlihat ideal dan bahagia. Keluarga ini kemudian pergi berlibur untuk menghabiskan waktu liburan di rumah musim panas milik keluarga Adelaide Wilson (Lupita Nyong’o) yang berada di pinggir pantai. Pada awalnya semua tampak bahagia, namun sejak mereka pergi ke pantai yang memiliki taman bermain di sana, Adelaide tampak gelisah karena memiliki kenangan buruk di tempat itu ketika kecil.

Ketika malam hari, Adelaide bercerita pada suaminya, Gabriel “Gabe” Wilson (Winston Duke) tentang trauma yang dimilikinya di taman bermain itu sehingga ia ingin pergi dari kota itu secepatnya. Adelaide memiliki pengalaman buruk di mana ketika kecil, ia memasuki sebuah bangunan dengan banyak kaca seorang diri, kemudian tanpa sengaja bertemu dengan seseorang yang sangat menyerupai dirinya. Sejak saat itu, Adelaide memiliki ketakutan yang besar pada pantai dan taman bermain itu.

Us: Bagaimana Jika Kita Bukan Hanya ‘Kita’?
iMDb.com

Namun, setelah ia menyelesaikan ceritanya, di saat Gabe ragu untuk memercayai ceritanya yang terdengar tidak masuk akal, listrik di rumah mereka padam. Tak lama kemudian, anak bungsu mereka, Jason Wilson (Evan Alex), memberitahu bahwa ada orang tak dikenal yang berdiri di halaman rumah mereka. Gabe pun memeriksanya dan menemukan sebuah keluarga terdiri atas ayah, ibu, dan dua anak berdiri bergandengan tangan sembari menatap ke arah rumah mereka.

Adelaide yang sejak awal sudah cemas akan mendapat teror dari anak kecil yang menyerupai dirinya, sangat yakin bahwa keluarga yang mereka lihat bukanlah orang-orang baik. Ia juga yakin bahwa peristiwa ini berhubungan dengan kejadian buruk pada masa kecilnya. Dan benar saja, mendadak semua anggota keluarga itu berpencar untuk dapat masuk ke dalam rumah. Adelaide dan Gabe berusaha melindungi Zora (Shahadi Wright Joseph) dan Jason dengan segenap kekuatan meski kengerian terus ditampakkan oleh keluarga itu.

Us: Bagaimana Jika Kita Bukan Hanya ‘Kita’?
iMDb.com

Saat akhirnya keluarga Adelaide sudah tidak dapat melakukan apapun lagi, wajah keluarga yang meneror mereka pun terlihat jelas. Dan yang mengejutkan adalah wajah dan tubuh keluarga itu menyerupai seluruh anggota keluarga Adelaide meski ada beberapa hal yang berbeda di antara kedua keluarga itu. Setelah pertemuan itu, Adelaide, Gabe dan kedua anaknya berjuang tanpa henti untuk menyelamatkan nyawa mereka dari berbagai aksi teror yang ternyata tidak hanya mereka yang merasakannya, dan misteri di balik segala insiden yang menimpa mereka perlahan-lahan terungkap bersama banyak makna.

Jordan Peele selaku sutradara dan penulis naskah cerita memang sudah dikenal sebagai seseorang yang cerdas karena sanggup menghasilkan film yang tidak hanya membuat jantung penonton kelelahan, tapi juga bisa menghadirkan film dengan cerita yang menguji pikiran penonton dengan dibuat bertanya-tanya dan menduga-duga seiring dengan segala misterinya. Seperti pada film Peele sebelumnya yang berjudul Get Out dengan genre yang sama, Peele berhasil menyabet berbagai macam penghargaan, salah satunya Piala Oscar 2018 pada kategori Best Original Screenplay.

Us: Bagaimana Jika Kita Bukan Hanya ‘Kita’?
iMDb.com

Mendapat rating tinggi di iMDb sebesar 7,5/10 dan Rotten Tomatoes 95%, Us tentu dianggap berhasil dan semakin menarik banyak perhatian masyarakat umum untuk menyaksikannya. Walau disebut sebagai film horror, nyatanya Us lebih banyak menampilkan adegan thriller. Mungkin bagi orang-orang yang tidak terlalu menyukai film sadis, film ini cukup menakutkan. Namun jangan khawatir, Sahabat deCODE! Film ini tetap berada di batas kewajaran dan tidak terlalu menunjukkan adegan-adegan sadis dengan begitu terekspos seperti film sadis sejenis Saw kok.

Dibalut dengan backsound yang semakin mendukung segala kejadian menakutkan yang tersaji dalam film ini, penonton dijamin akan dibuat bergidik ngeri dan gelisah. Nah, mumpung Us masih tayang di bioskop, yuk, merapat ke bioskop dan alami sendiri kegelisahan akibat film ini!