Di tengah maraknya gempuran film-film Hollywood dan Korea yang tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia, bila kita tilik ke belakang kita akan menemukan kalau dulu film-film India juga pernah menjadi tontonan yang ramai diminati oleh para penggemar film. Salah satu film Bollywood yang ingin deCODE bahas kali ini adalah Bajrangi Bhaijaan yang dibintangi oleh Salman Khan dan diproduksi oleh Parveez Shaikh dan Salma Khan sendiri. Film ini dirilis pada 17 Juli 2015, bertepatan dengan akhir pekan Idul Fitri. Walau sudah dirilis sejak 2015 lalu, film ini masih keren banget lho buat ditonton di tahun 2019.

Kenapa sih harus nonton film ini? Seperti yang kita tahu, tipikal film-film India biasanya menampilkan tema seputar percintaan, tapi berbeda dengan ‘Bajrangi Bhaijaan’. Film ini menyuguhkan tema yang berbeda dengan memasukkan nilai toleransi, persahabatan, kejujuran, dan rasa kemanusiaan. Selain itu alur ceritanya juga sangat menarik! Bagi sahabat deCODE yang ingin nonton, jangan lupa siapin tisu yang banyak ya, karena film ini sangat-sangat menguras air mata. Yuk, simak sinopsisnya!

Film yang di sutradarai oleh Kabir Khan ini mengisahkan seorang gadis kecil yang tidak dapat berbicara bernama Shahida (Harshaali Malhotra) yang berasal dari keluarga Muslim Pakistan. Keluarganya mencari cara agar Shahida dapat disembuhkan dengan membawanya ke tempat suci Hazrat Nizamuddin Auliya di Delhi. Perjalanan Shahida dengan Ibunya (Meher Vij) menuju Delhi naik kereta api dari Kashmir awalnya berjalan lancar, namun saat perjalanan pulang ke Pakistan, mesin kereta api yang ditumpangi mengalami masalah sehingga kereta api berhenti sejenak. Shahida yang terbangun dari tidurnya melihat seekor anak kambing kemudian keluar dari kereta dan menghampiri kambing tersebut. Namun tidak lama kereta api berjalan dan Shahida yang tidak bisa berbicara berusaha mengejar kereta api namun akhirnya terpisah. Sampai akhirnya Ibu Shahida bangun dari tidurnya dan menyadari Shahida telah menghilang.

Sampai suatu ketika Shahida bertemu dengan Pawan Kumar Chaturvedi “Bajrangi” (Salman Khan). Pawan adalah seorang pemuda penganut agama Hindu dan menyembah Hanuman. Pawan seorang pengangguran namun dia pemuda yang jujur. Ia berusaha mencari pekerjaan di kota lain dengan menumpang tinggal di rumah kenalan ayahnya, Dayanand Pandey di Delhi. Keluarga ini berasal dari kalangan Brahmana, kasta tertinggi di India. Pawan berkenalan dengan Rasika (Kareena Kapoor) putri Dayanan yang cantik dan mereka saling jatuh cinta, namun hubungan mereka terhalang oleh status Pawan yang masih memiliki pekerjaan serabutan.

Pawan yang juga disapa dengan sebutan Bajrangi ini mencoba membantu memulangkan Shahida kepada orangtuanya. Mulai dari melapor ke kepolisian, kedutaan hingga biro travel, tapi semua menolak dengan alasan buruknya hubungan diplomatik antara India dan Pakistan. Akhirnya Bajrangi bertekad demi mengantarkan Shahida pulang ke Pakistan berjarak ribuan kilometer dari tempat tinggalnya di India. Tapi apakah Bajrangi berhasil mengantarkan Shahida kembali kepada orangtuanya? Jika kepolisian, kedutaan dan biro travel saja menolak membantu karena tengah terjadi konflik antara Pakistan dan India, lalu bagaimana caranya Bajrangi dapat pergi ke Pakistan apalagi tanpa visa?

Kalau penasaran, langsung tonton aja filmnya melalui web atau aplikasi kesayangan kamu ya!

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Reporter: Siti Masitoh Editor : Emir Salim