Sudahkah Sahabat deCODE menonton film documenter Sexy Killers? Banyak pelajaran yang bisa kita ambil lho dari film tersebut, salah satunya adalah hemat penggunaan listrik. Sebelum masuk di pembahasan hemat listrik, kita perlu tau perilaku hemat itu sebenarnya apa sih? Hemat adalah sebuah sikap kita untuk berhati-hati atau mempertimbangkan apa yang kita keluarkan seperti uang, tenaga, pikiran atau waktu demi memenuhi kebutuhan kita secara tepat dengan penggunaan yang sesuai dengan porsinya. Artinya kita tidak berlebih-lebihan dalam pemakaian uang, barang dan sebagainya.

Yuk Hemat Penggunaan Listrik!
Sumber Foto: beraniberaksi.org

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok yang kita butuhkan untuk membantu mempermudah kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Walaupun telah menjadi kebutuhan pokok, banyak orang yang mengkampanyekan untuk menghemat listrik. Salah satu bentuk kampanye yang cukup terkenal adalah Earth Hour. Hemat listrik ini artinya menggunakan listrik sesuai dengan kebutuha serta tidak berlebihan.

Yuk Hemat Penggunaan Listrik!
Sumber Foto: konservasi-energi.com

Banyak keuntungan yang kita dapatkan apabila kita hemat dalam menggunakan listrik. Salah satu keuntungan dari hemat listrik adalah biaya tagihan listrik akan lebih murah. Jika menggunakan listrik secara berlebihan tentunya kita akan merogoh kocek yang lebih banyak. Namun, sesungguhnya berbicara hemat listrik bukan hanya semata mata sekedar hemat biaya. Ada hal yang lebih penting yang akan menjadi pertimbangan lingkungan mengapa kita harus hemat penggunaan listrik, yaitu mencegah Global Warming.

Global Warming adalah meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan rata-rata bumi. Global Warming terjadi akibat emisi yang dihasilkan karbondioksida sangat tinggi. Karbondioksida tersebut dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar seperti fosil, batu bara, bensin dan bahan bakar yang tidak dapat diperbarui. Hal inilah yang mengharuskan kita menghemat penggunaan listrik karena energi listrik yang kita nikmati sekarang berasal dari batu bara.

Yuk Hemat Penggunaan Listrik!
Sumber Foto: saveasbrand.com

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berhemat menggunakan listrik. Kita bisa memulai dari hal kecil seperti mematikan lampu yang tidak digunakan saat siang hari jika cahaya matahari sudah cukup untuk menerangi ruangan, langsung cabut kabel dari stop kontak jika barang yang menggunakan listrik tidak lagi dipakai, yang suka lupa cabut charger Handphone jangan dibiasakan ya Sahabat deCODE, atau saat mencuci pakaian yang jumlahnya sedikit lebih baik gunakan tenaga sendiri dibanding harus mencuci menggunakan mesin dan masih banyak hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan listrik.

Yuk Hemat Penggunaan Listrik!
Sumber Foto: carahematlistrik.com

Nah, Sahabat deCODE sudah tahu kan apa itu hemat listrik, keuntungannya, dampaknya, dan juga berbagai cara menghemat penggunaan listrik. Hemat peggunaan listrik ini berfungsi untuk kelangsungan hidup kita di bumi. Jadi keuntungannya bukan hanya untuk kita tetapi juga untuk anak dan cucu kita yang akan menjadi generasi penerus. Yuk mulai sekarang hemat penggunaan listrik.

Reporter: Maulani Mulianingsih Editor: Faisal Barakuan