Terowongan Jalan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat kini memiliki penampilan dan keunikan baru setelah terbangunnya Mass Rapid Transit (MRT) stasiun Dukuh Atas. Sebelumnya, terowongan ini tidak terawat dan kurang memberikan hak kepada para pejalan kaki. Karena padatnya pedagang kaki lima, mobil, serta motor yang melintas, akhirnya untuk sekadar berjalan dan menyebrang saja sulit.

Sekarang, pemerintah provinsi DKI Jakarta dengan sukses merubah terowongan ini menjadi daerah pedestrian yang nyaman dan tertata. Sehingga membuat masyarakat semakin betah dan nyaman untuk berjalan kaki dan menggunakan kendaraan umum dibandingkan kendaraan pribadi. Hal ini tentu saja akan berdampak pula pada pengurangan kemacetan di Ibukota DKI Jakarta.

Terowongan Jalan Kendal ini juga mempermudah masyarakat untuk transisi dari transportasi yang satu ke transportasi lainnya karena lokasinya yang berdekatan dengan Stasiun Sudirman, BNI City, dan MRT Dukuh Atas.

Sumber Foto: Bunga Nurhalizah

Uniknya, terowongan ini dihiasi lampu warna-warni secara bergantian seperti merah, pink, biru, ungu, hijau, putih, kuning dan cream yang kemudian dianggap menjadi spot intagramable oleh kaum millennial. Selain memberi kenyamanan, para pejalan kaki juga bisa menikmati hiburan musik dari MRT Music Corner setiap Jumat pukul 17.00-20.00 WIB lho!

“Aku sudah menjadi pejalan kaki dari sebelum direnovasi sampai sekarang sudah direnovasi. Memang, setelah direnovasi menjadi lebih baik dan layak untuk para pejalan kaki dan juga lebih nyaman karena sebelumnya terowongan ini adalah akses kendaraan dengan jalur dua arah. Walaupun dulu sempat menjadi satu arah, tapi tetap saja susah kalau mau nyebrang, karena banyak pedagang kaki lima dan kendaraan. Jadi setelah direnovasi, sudah nyaman sekali untuk para pejalan kaki.” ujar Shinta(23), seorang pejalan kaki memberi kesaksian.

Nah! Untuk kalian, khususnya sahabat deCODE yang ingin menghabiskan waktu luang sekaligus mendapat hiburan gratis di Jakarta, yuk datang ke terowongan Kendal! Tapi ingat, kalian juga harus menjaga fasilitas umum yang ada di Jakarta ya!
Kalau bukan kita, siapa lagi?

Reporter: Bunga Nurhalizah Editor: Zalzabillah Ullyl Albi