Adakah sahabat deCODE yang merasa gelisah kita koneksi internet sulit diakses, panik ketika kuota internet mendadak habis, enggan untuk berkomunikasi face to face dengan lawan bicara, atau, kamu merasa tidak bisa hidup tanpa bersosmed dalam waktu yang tidak bisa ditentukan?

Jika kamu merasakan hal tersebut, mungkin saja kamu sudah kecanduan dengan sosial media. Kecanduang merupakan perasaan tidak bisa mengontrol apa yang kamu lakukan terhadap sesuatu karena keinginan yang terlalu kuat dan terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Kecanduan terhadap sosial media tentu tidak baik ya sahabat deCODE. Banyak dampak buruk yang akan mempengaruhi kamu jika kamu kecanduan dengan sosial media. Berikut tips mengurangi kecanduan sosial media versi deCODE:

1. Matikan jaringan internet saat tidak dibutuhkan/ Matikan notifikasi yang tidak penting

Sumber Foto: hellosehat.com

Di setiap sosial media terdapat salah satu fitur untuk mengatur notifikasi. Fitur ini berguna untuk membuat kamu lebih fokus pada hal hal yang penting dan juga lebih produktif dalam menjalani kegiatan. Kamu dapat mematikan notifikasi saat sedang berkegiatan atau sekedar ingin berkonsentrasi tanpa diganggu. Hal tersebut memungkin kamu tidak terganggu dengan notifikasi yang selalu muncul dari ponsel. Setelah itu kamu dapat kembali menggunakan sosial media.

2. Saring following kamu dengan bijak

Sumber Foto: entrepreneur.com

Ketika kamu membuka sosial media, coba pastikan kamu akan mendapat dampak positif. Hal ini bertujuan agar kamu dapat berpikir postif, karena lingkungan sosial media kamu memberikan hal hal yang positif. Cobalah untuk menyaring following kamu dengan unfollow akun aku tidak penting yang tidak berdampak untuk kamu dan follow-lah akun-akun yang membangun kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Batasi dan berikan waktu khusus untuk bermain sosial media

Sumber Foto: nesabamedia.com

Memberikan waktu khusus untuk bermain sosial media akan membuat kegiatan yang lain tidak terganggu. Perlu juga dilakukan pembatasan mengenai berapa lama akan bermain sosial media itu juga penting. Lupa waktu dalam bermain sosial media sering kali membuat kamu lupa bahwa ada sosialisasi di dunia nyata juga penting untuk dilakukan.

4. Memperbanyak sosialisasi di kehidupan nyata

Sumber Foto: idntimes.com

Memang saat ini rasanya bersosialisasi di sosial media terasa lebih mudah dan menyenangkan. Namun, kerap kali terdapat sensasi yang tidak bisa di dapat ketika kita bersosialisasi di sosmed. Bersosialisasi di dunia nyata akan terasa lebih hangat, dekat dan tidak kalah menyenangkannya dibanding bersosialisai di sosmed.

Sosial Media memang hadir untuk mempermudah kehidupan kita. Namun jangan sampai tujuan awal kamu menggunakan sosial media menjadi melenceng karena kecanduan. Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, begitu juga dengan penggunaan sosial media. Kecanduan sosmed harus diatasi dengan segera demi menghindari masalah dan dampak yang lebih besar lagi. Memang tidak mudah untuk menghilangkan kecanduan ini, tetapi kamu bisa melakukannya secara bertahap sahabat deCODE. Selamat mencoba!

Reporter: Maulani Mulianingsih
Editor: Faisal Barakuan