Halo sahabat deCODE! Hari ini deCODE mau kasih tahu kamu film keren dari Korea Selatan. Film ini sangat menguras emosi karena diadaptasi dari kisah nyata, jadi jangan lupa siapin tisu waktu kamu nonton film ini, ya. Sebelum itu, yuk kita simak dulu sinopsisnya.

New Trial merupakan film asal Korea Selatan yang diadaptasi dari kisah nyata mengenai sebuah catatan kasus pembunuhan seorang supir taksi yang terjadi pada 10 Agustus 2000 di Korea Selatan. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Kim Tae Yoon yang dirilis di Korea Selatan pada 16 Februari 2017. Walau sudah dirilis dua tahun lalu, film ini masih begitu membekas bagi para pecinta film Korea.

Sumber : viki.com

Film ini mengisahkan seorang remaja berusia 15 tahun bernama Hyun Woo (Kang Haneul) seorang saksi sebuah kasus pembunuhan supir taksi yang dituduh sebagai tersangka dan dipaksa mengakui kejahatan yang tidak ia lakukan. Hyun Woo dipaksa oleh detektif polisi yaitu Baek Chul Gi (Han Jae Young) dan teman-temannya untuk mengakui perbuatan jahat yang sama sekali tidak ia lakukan. Setelah melalui interogasi dan kekerasan fisik dari sekelompok detektif polisi tersebut, ia mendapatkan vonis 15 tahun penjara. Namun, karena  Hyun Woo terpaksa harus mengakui kejahatan tersebut secara tertulis, maka ia mendapat pengurangan vonis 5 tahun sehingga ia menghabiskan 10 tahun menjalani hukuman tersebut. Hyun Woo bahkan harus mengorbankan masa muda dan sekolahnya hanya untuk mendekam di penjara.

Sumber : rankingfilms.com

Pada saatnya tiba Hyun Woo telah bebas dari penjara dan bertemu seorang pengacara yang bernama Joon Young (Jung Woo) yang hatinya tergerak untuk membantu menguak kebenaran dan membersihkan nama baik Hyun Woo atas kasus yang sama sekali tidak Hyun Woo lakukan. Sebenarnya siapa dan ke mana pelaku pembunuhan itu sebenarnya? Mengapa detektif polisi memaksa seseorang yang tidak bersalah untuk mengaku sebagai pelaku? Yang terpenting, apakah pengacara Hyun Woo berhasil mengungkap kebenaran dari kasus tersebut?

Penasaran kan, sahabat deCODE? Udah buruan tonton filmnya di aplikasi atau web kesayangan kamu. Jangan lupa nontonnya bareng teman-teman atau keluarga biar makin seru. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Reporter: Siti Masitoh Editor : Emir Salim