1.       Judul buku               : The Art of The Good Life

2.       Nama penulis          : Rolf Dobelli

3.       Penerbit                    : Kepustakaan Populer Gramedia

4.       Tahun terbit            : 2019

5.       Jumlah halaman     : xii + 319

6.       Jenis buku                : Self Improvement 15+

Siapa diantara sahabat deCODE yang suka baca buku self improvement? Nah bagi kalian yang suka baca buku self improvement atau sering banget galau karena sulit mengahadapi dengan teman pacar orang tua atau siapapun buku ini cocok banget untuk kamu baca. Buku ini merupakan buku terjemahan. Buku asli ini berjudul Die Kunst des guten Lebens, buku asli ini berbahasa Jerman dan diterbitkan pada tahun 2017. Bukan hanya dalam bahasa Jerman, buku ini juga tersedia dengan terjemahan bahasa Inggris. Lalu buku ini tersedia dengan bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh Grace Gabriella AP dengan judul The Art of the Good Life, Filosofi Hidup Klasik untuk abad ke 21.

Buku ini ditulisakan oleh Rolf Dobelli, seorang penulis dan pebisnis asal swiss. Ia menuliskan sesuatu yang mungkin orang lain cari dan menjadi keresahan banyak orang di setiap generasi yaitu bagaimana cara menghadapi kehidupan. Baginya dengan terus mencari cara untuk hidup tentram dengan memegang satu pedoman tunggal adalah kesalahan. Baginya hidup tentram tidak didapatkan hanya dari satu prinsip tunggal. Kita perlu memegang beberapa perangkat berpikir dengan cara yang berbeda-beda untuk dapat memahami dunia namun kita juga perlu menjalani kehidupan dengan cara tertentu yang dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini bisa digambarkan menjadi sebuah filosofi hidup klasik untuk abad ke 21. Rolf Dobelli telah menggunakan perangkat berpikir yang dituliskan dalam buku ini dikehidupan sehari-harinya. Terdapat 52 Judul dalam buku ini yang menjadi perangkat berpikirnya. Rolf Dobelli merasa terbantu untuk menghadapi tantangan yang besar maupun kecil di kehidupannya dengan perangkat berpikir ini.

Rolf Dobelli menggunakan pendekatan teologi negatif Zaman Pertengahan dalam penulisan bukunya. 52 perangkat yang dirumuskan Rolf Dobelli dilatar-belakangi oleh tiga sumber utama. Sumber yang pertama ialah penelitian psikologi yang telah terbukti berhasil selama empat puluh tahun terakhir. Penelitian-penelitian tersebut meliputi psikologi mental, psikologi sosial, penelitian tentang kebahagiaan, tentang heuristic dan bias, ekonomi perilaku, dan beberapa pendekatan dari psikologi klinis Cognitive Behavioral Therapy (CBT). Selain itu perangkat berpikir ini juga bersumber dari filsafat praktis yang berasal dari Yunani Kuno, dan berkembang pada zaman Kekaisaran Romawi pada abad ke 2. Filsafat itu disebut dengan Stoikisme atau juga bisa disebut dengan Stoa. Sumber yang ketiga yaitu mengenai pengalaman investasi Warren Buffet dan mitra bisnisnya Charlie Munger.

Dengan terjemahan dan penyampaian yang cukup mudah dibaca, buku ini cukup bagus untuk dijadikan bahan bacaan untuk menjawab dan mematahkan penyebab kegelisahan yang sering terjadi dikehidupan. Buku ini dapat dijadikan rujukan untuk pembaca bagaimana cara hidup tentaram dan mengahadapi tantangan hidup dengan 52 perangkat yang dituliskan Rold Dobelli. Langsung saja dibaca yang penasaran sama apa aja sih 52 perangkat berpikirnya Rold Dobelli. Semoga bermanfaat dan Selamat membaca Sahabat deCODE!

Penulis: Maulani Mulianingsih Editor: Faisal Barakuan