Sahabat deCODE! Pernahkah kalian merasa pasrah dalam menjalani hiruk pikuk kehidupan ini? Atau bahkan merasa tidak bersemangat dalam mencapai tujuan dan resolusi yang sudah kalian canangkan? Nah, tak perlu khawatir! Kali ini, kami telah merangkum tentang optimisme yang merupakan kunci dari panjang umur.

Optimisme dikenal dengan istilah sikap menopang individu agar jangan sampai jatuh dalam masa kebodohan, keputusasaan, maupun depresi ketika individu tersebut menghadapi kesulitan. Jika ditelusuri lebih jauh, kepribadian berhubungan erat dengan usia. Jadi dapat disimpulkan bahwa orang yang memiliki sikap optimis memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan orang yang pesimistis.

Sumber Foto: imgur.com

Penelitian terbaru menunjukkan, kunci panjang umur adalah optimis dalam menunjukkan sisi positif kehidupan. Kendati demikian, seseorang yang menanamkan sikap optimis, selalu memandang suatu masalah sebagai hal sementara bahkan cenderung suatu hal yang positif.

Pengaruh optimistis ini tetap nyata walaupun seseorang dilanda masalah seperti depresi, kebiasaan merokok, dan kondisi kesehatan. Artinya, orang yang optimis tetap bisa memiliki umur panjang walaupun gaya hidupnya tidak sehat. Sejumlah penelitian lain juga menunjukkan bahwa optimistis memiliki hubungan positif dengan kesehatan jantung yang baik, sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, serta risiko kematian yang lebih rendah.

Nah, jadi bagi kalian sahabat deCODE yang mendambakan umur yang lebih panjang, wajib menanamkan mindset sikap optimisme ya! Tentu saja dengan cara yang paling terbaik, yaitu selalu bersyukur dan percaya segala sesuatunya akan berlangsung baik.

Yuk, mulai terapkan pola pikir optimis untuk perubahan hidup yang lebih baik!

Reporter: Bella Alfiyanti Editor: Zalzabillah Ullyl Albi