Antusiasme peserta workshop begitu terasa pada acara Halfday Basic Workshop yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Google News Intitiative pada Sabtu, 21 September 2019 di Ruang Serbaguna Lt. 2 Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan dihadiri oleh sivitas akademika UAI. Maraknya penyebaran berita palsu atau hoax yang semakin meresahkan masyarakat kian membuat rasa keingintahuan para peserta workshop semakin tinggi dalam melakukan upaya-upaya memerangi hoax.

Kemajuan teknologi memang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mencari segala informasi melalui akses internet. Namun sayangnya, hal tersebut juga menjadikan penyebaran berita palsu atau hoax semakin sulit untuk ditahan. Kini, keberadaan media alternatif maupun media sosial kerap dijadikan sebagai media utama dalam pencarian informasi. Bahkan penyebaran hoax pun juga diikuti oleh media mainstream.

Sumber foto : Vira Annisa

Untuk menjawab keresahan tersebut, AJI mengadakan pelatihan dengan tema “Hoax Busting and Digital Hygiene” secara serentak di 20 kota. Begitu banyak masyarakat yang jatuh ke dalam berita hoax dan tidak menyadari pentingnya verifikasi sebelum menyebarkan informasi. Dalam acara ini, AJI membagikan tools yang dapat digunakan dalam melakukan fact-checking, yaitu Google Maps, Google Street View, dan Google Earth.

Informasi yang ada di internet dibagi menjadi 7 macam, yaitu satire atau konten lelucon, konten menyesatkan, konten aspal (asli tapi palsu), konten pabrikasi, konten tidak nyambung, konten dengan konteks yang salah, dan konten manipulatif.  Para peserta workshop berlatih melakukan verifikasi berita secara mandiri dan mengenali macam-macam berita mis-disinformasi.

Sumber foto : Vira Annisa

Tak hanya itu, peserta juga turut diberikan materi pengamanan diri dalam berselancar di media digital. Segala aktivitas yang kita lakukan melalui internet akan terekam dan tidak dapat dihilangkan. Untuk itu, AJI menghimbau untuk menggunakan akses internet terutama media sosial dengan bijak. AJI juga berbagi mengenai situs-sistus terpercaya untuk mengecek keamanan akun yang digunakan terutama akun media sosial.

Rangkaian kegiatan workshop ini diakhiri dengan penandatanganan MoU kerja sama antara AJI dengan UAI yang diwakilkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Irwa Rochimah Zarkasi, SE., M.Si., terkait pengembangan kurikulum bidang jurnalistik, khususnya jurnalisme data. Melalui acara pelatihan ini, diharapkan dapat membangun kesadaran publik atas pentingnya verifikasi dan fact-checking terhadap segala informasi yang diperoleh melalui internet serta mengampanyekan program Google News Initiative Training Network yang sedang dijalankan.

Penulis: Vira Annisa Editor: Emir Salim