Usia 20 tahun dianggap sebagai awal gerbang menuju kedewasaan. Perubahan fase kehidupan dari anak-anak menuju remaja, dan remaja yang belum dewasa ini membuat seseorang terus mencari jati dirinya. Pada zaman ini, tidak sedikit remaja yang sibuk mencari jati dirinya dengan hal negatif yang berujung pada kenakalan remaja. Nah, sahabat deCODE nggak mau kan, waktu muda kalian terbuang sia-sia untuk hal negatif seperti itu? Daripada kalian melakukan hal yang nggak baik dalam mencari jati diri, yuk! Intip tips berikut ini agar kamu nggak menyesal sebelum memasuki usia 20 Tahun!

1. Lakukan Hal yang Kamu Suka

Kamu harus bisa menentukan hobi apa yang kamu suka. Misal, kalau kamu senang menulis, fotografi atau bikin konten bermanfaat di Youtube, hal ini bisa menjadi bekal kamu untuk bisa berkembang kedepannya.

2. Menghargai Waktu Sebaik-baiknya

Waktu merupakan hal terpenting dalam menjalani kehidupan. Waktu dianggap sebagai uang. Bagi sebagian remaja atau anak-anak, waktu bukanlah segalanya. Namun, kamu wajib mengubah pola pikir itu. Kamu harus bisa memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien. Terutama ketika kamu sudah memasuki dunia perkuliahan. Pasti akan terasa banget, deh!

3. Jangan Sering Nongkrong

Nongkrong memang mengasyikkan bagi kawula muda. Kegiatan ini bisa menambah relasi pertemanan, dan bermanfaat bagi kehidupan sosial yang dapat memberikan peluang menuju kesuksesan. Tapi perlu kalian ingat, nih! Nongkrong yang berlebihan justru akan merugikan dirimu sendiri, selain uangmu terkuras habis, waktumu juga terbuang sia-sia. Jadi, lebih baik manfaatkan waktu nongkrong kalian dengan hal produktif. Terlebih lagi jika kalian bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari hal produktif itu.

4. Perbanyak Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik, memiliki segudang pengalaman akan membentuk pola pikir kalian untuk menapaki dunia yang sesungguhnya. Pengalaman ini bisa
berupa ikut kerja paruh waktu (part-time), kerja lepas, ataupun kerja tetap. Selain itu, kalian bisa mengikuti kegiatan volunteer (relawan) atau komunitas yang seru. Kalian jadi lebih memahami bagaimana menyikapi orang yang lebih tua, lebih muda, dan teman sebaya. Hal ini akan memotivasi kalian untuk mengenal karakter dan kepribadian orang baru, dan juga bisa menjadi bekal untuk dunia kerja nantinya.

5. Suka Membaca Buku

Selain dapat menambah pengetahuan dan membuatmu pintar, membaca buku bisa memudahkan kamu dalam menulis, lho! Kok bisa sih? Tentu saja, sahabat deCODE! Dengan membaca buku, kalian lebih mudah menyusun struktur kalimat dan memiliki kosa kata baru yang bisa dituangkan dalam bentik tulisan ataupun lisan.

6. Selektif dalam Memilih Teman

Teman merupakan agen sosialisasi terpenting. Kamu harus pintar membedakan mana teman yang layak dijadikan “teman baik” dan mana “teman selewatan” saja. Sebab, teman terdekat itu pengaruhnya besar, lho! Mereka bisa membentuk cara berpikir, bertindak, dan bahkan dari cara berkomunikasi pun jadi mirip dengan teman terdekat kita. Carilah teman yang bisa diajak maju dan belajar bersama. Jadi, pintar-pintar memilih lingkup pertemanan ya, sahabat deCODE!

7. Sisihkan Uang untuk Menabung

Menabung merupakan salah satu investasi produktif yang berguna di masa depan. Kamu harus menghindari sifat boros dan mulai menyisihkan uangmu untuk hal-hal tak terduga kedepannya.

8. Mulai Tertarik dengan Percakapan Berbobot

Masa depanmu dalam lima tahun kedepan juga ditentukan dari seberapa dalam topik obrolanmu dengan teman terdekat. Hal ini bisa dimulai dengan perkaya ilmu dan wawasan. Agar kamu bisa menghasilkan percakapan yang bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi orang sekitar. Selain itu, bisa membentuk diri kamu menjadi pribadi menarik!

9. Hiraukan Omongan Orang Lain

Terlalu memikirkan omongan orang lain terhadap kita, ternyata bisa membuat kita tidak dapat berkembang. Pasalnya tidak semua omongan orang, sesuai dengan hati dan keiginan kita. Jika kita terus mendengarkan omongan mereka, kita tidak akan menjadi diri kita sendiri.

10. Bijak dalam Berucap dan Bertindak

Kamu harus bijak dalam berucap dan menentukan pilihan. Jangan sampai kamu lepas kendali, dan berujung pada penyesalan. Last but not least, intinya kamu harus selalu semangat untuk mewujudkan impian dan resolusi yang sudah kamu susun. Jangan lupa dengan iman dan kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Kuasa, ya!

Nah, hal diatas merupakan sepuluh prinsip yang harus kamu pegang teguh sebelum memasuki usia 20 tahun. Semoga bisa membuka jalan pikiran kalian sebagai bekal masa depan. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Penulis: Bella Alfiyanti Editor: Siti Masitoh