Film selalu menjadi salah satu hiburan yang sering dipilih oleh banyak orang. Film memiliki cerita yang menarik, sinematografi yang memanjakan mata, dan akting pemain yang memuaskan, apalagi jika film tersebut memiliki plot twist yang tidak terduga. Kejutan dalam film menjadi nilai plus bagi penontonnya, benar? Nah, Sahabat deCODE, kami punya daftar film dengan plot twist terbaik versi deCODE. Disimak, yuk!

1. The Others (2001)

The Others menceritakan seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang tinggal di sebuah rumah besar. Perilaku dan sikap yang tidak biasa datang dari sang ibu. Suatu hari dua orang pelayan dan seorang tukang kebun bekerja di rumah tersebut dan mereka harus mengikuti aturan di rumah tersebut. Nicole Kidman yang bermain peran dalam film ini, sangat berhasil menguasai karakter dan menuntun penonton dalam ketersesatan. Film ini akan membuat kita bertanya-tanya mengenai apa yang sebenarnya terjadi di rumah itu, dan salah fokus terhadap karakter Kidman di film ini, hingga akhirnya dikejutkan dengan fakta yang sebenarnya.

2. The Uninvited (2009)

Bercerita tentang seorang gadis bernama Anna yang baru saja keluar dari rumah sakit jiwa akibat depresi. Saat pulang, Anna bertemu dengan pacar baru ayahnya yang bernama Rachel. Rachel seorang perawat yang merawat ibunya Anna ketika hidup yang ternyata sudah tinggal di rumahnya selama ia berada di rumah sakit jiwa. Tentu Anna membenci Rachel yang telah memiliki hubungan dengan ayahnya. Sama seperti Anna, Alex yang merupakan kakak perempuannya juga membenci Rachel. Setelah terdapat banyak keganjilan, Anna dan Alex pun berusaha mencari tahu siapa Rachel yang sebenarnya.

3. Shutter Island (2010)

Leonardo DiCaprio lagi-lagi memainkan film yang benar-benar masterpiece. Berkisah mengenai dua detektif yang datang ke sebuah pulau bernama Pulau Shutter untuk menyelidiki rumah sakit jiwa. Pulau kecil itu hanya memiliki satu dermaga dengan jadwal keberangkatan kapal yang tidak menentu tergantung  dengan cuaca karena sering terjadi badai. Mereka mengunjungi pulau tersebut karena hilangnya pasien bernama Rachel Solando. Jadi mustahil bagi Rachel untuk dapat kabur dari pulau tersebut. Namun DiCaprio yang dalam film ini berperan sebagai detektif Edward, mendapati dirinya terus menemukan kebuntuan terutama karena pihak rumah sakit jiwa yang tampak tidak ingin terbuka padanya. Dijamin film ini akan membuat kita bertanya-tanya siapa yang benar dan siapa yang salah bahkan hingga film berakhir.

4. Source Code (2011)

Seorang pria terbangun di sebuah kereta, kebingungan bagaimana bisa ia berada di kereta itu. Di depannya duduk seorang wanita tak dikenal bernama Christina memandanginya penuh tanya. Ia pun mendapati jiwanya berada di tubuh seseorang bernama Sean Fentress. Di tengah kelinglungan dan belum terjawabnya segala pertanyaan, sebuah ledakan muncul dan semua menjadi gelap. Kemudian ia terbangun di sebuah kapsul dan ia diberi misi untuk menemukan pelaku pengeboman di kereta itu . Setiap kali pria itu gagal dalam misinya, jiwanya akan terlempar ke dalam kapsul lalu kembali dilemparkan ke tubuh Sean. Berkali-kali. Hingga akhirnya pria itu menemukan jawabannya perlahan-lahan. Film dengan unsur mind tricking memang selalu menarik, dan film ini benar-benar berhasil memaksa kita berpikir di luar nalar.

5. Predestination (2014)

Dua kata untuk film ini: mind blowing! Predestination bercerita tentang agen pengelana waktu bernama Ethan Hawke. Tugas utamanya adalah kembali ke masa lalu untuk menghentikan sejumlah peristiwa pengeboman. Akhirnya Hawke pun berada di masa lalu seorang penulis. Pertemuan Hawke dengan penulis tersebut mendorong penonton dalam lubang pertanyaan yang sedikit demi sedikit semakin dalam mengenai kehidupan penulis tersebut.

6. Who am I: No System is Safe (2014)

Bergenre techno thriller, film Jerman satu ini tentu sayang sekali kalau dilewatkan. Bercerita tentang seorang jenius komputer muda asal Jerman bernama Benjamin yang akhirnya terrgabung dalam sebuah kelompok peretas bernama CLAY (Clowns Laughing At You). Setelah berhasil meretas banyak sistem, CLAY menjadi kelompok hacker yang paling diburu di Eropa. Setelah teman satu timnya tewas di tangan mafia, Benjamin dihadapkan pada sebuah masalah besar yang berkaitan dengan hukum. Film ini menggambarkan konflik dan drama yang menarik, realistis, menyenangkan, dan menegangkan. Film ini juga punya twist beruntun yang akan memukau hingga termangu bingung.

7. The Handmaiden (2016)

Film Korea dengan alur cerita yang tidak kalah dengan Parasite ini mungkin terbilang tidak terlalu terdengar. The Handmaiden merupakan film dewasa bergenre psychological thriller. Film ini menampilkan latar pendudukan Jepang di Korea. Seorang penipu menyewa pencopet untuk menjadi pelayan di rumah seorang ahli waris Jepang bernama Lady Hideko. Penipu itu bermaksud untuk menikahi Hideko lalu menjebloskannya ke dalam rumah sakit jiwa agar ia bisa mengambil kekayaannya. Namun film ini tidak sesederhana itu. Ada banyak kisah kelam tak terduga yang menjadi bagian dari hidup Hideko sejak lama. Bersama dengan alur yang semakin lama semakin kelam, sinematografi yang mendukung kekelaman cerita, film ini bisa membuat kita bergidik dan meringis.

8. Modus Anomali (2012)

Indonesia juga punya film dengan plot twist terbaik lho! Diperankan oleh Rio Dewanto yang kemampuan aktingnya mumpuni sekali, ditambah dengan alur cerita yang unpredictable. Modus Anomali merupakan salah satu film yang wajib ditonton dan diapresiasi. Film ini bercerita tentang seorang pria yang terbangun dalam keadaan terkubur hidup-hidup di hutan tanpa memiliki ingatan apapun, dan tidak ada yang menolong. Kemudian ia melihat sebuah rumah yang tampak senyap, kemudian ia menemukan rekaman video. Lalu tersadar bahwa ia tengah berlibur bersama istri serta anak-anaknya. Bukan hanya itu, ia mendapati bahwa terdapat seseorang yang memberi teror terhadap ia dan keluarganya.

Reporter: Vania Ramadhani Editor: Meta Nur Ayu