March 3, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

3 Jenis Pakaian Wanita Tradisional Khas Tiongkok

2 min read
3 Jenis Pakaian Wanita Tradisional Khas Tiongkok

Sumber Foto: Pinterest

Pada tanggal 1 Februari 2022 kemarin, beberapa masyarakat Indonesia, terutama etnis Tionghoa merayakaan perayaaan hari Imlek. Hari Raya Imlek merupakan salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu oleh etnis Tionghoa. Dalam menyambut tahun baru Imlek, mereka biasanya melakukan persiapan seperti membersihkan dan mendekorasi rumah, membeli bahan masakan untuk dimakan bersama keluarga, dan menyiapkan baju khas Imlek.

Baju-baju khas Tiongkok memiliki corak yang sangat indah. Selain dilihat dari keestetikaannya, ternyata pakaian merupakan salah satu bentuk penghormatan dan juga memiliki nilai-nilai bersejarah. Berikut merupakan 3 baju khas Imlek yang paling sering digunakan oleh perempuan Tiongkok:

  1. Cheongsam
3 Jenis Pakaian Wanita Tradisional Khas Tiongkok
Sumber Foto: Pinterest

Dari berbagai sumber yang ada, Cheongsam merupakan versi lebih modern dari Qipao. Pakaian ini paling populer dan banyak digunakan dari beberapa kalangan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Ada banyak sekali model yang dapat dipilih dari Cheongsam, yang paling sering ditemukan biasanya model kerah tinggi dan lengan buntung.

2. Qipao

3 Jenis Pakaian Wanita Tradisional Khas Tiongkok
Sumber Foto: Pinterest

Qipao dikenal sebagai gaun tradisional Tiongkok. Qipao sudah ada sejak masa dinasti dan masih digunakan hingga saat ini. Banyak juga yang mengatakan bahwa Qipao merupakan versi sederhana dari Cheongsam. Namun Qipao yang sering ditemui saat ini sangat berbeda dengan Qipao model aslinya.

3. Hanfu

3 Jenis Pakaian Wanita Tradisional Khas Tiongkok
Sumber Foto: Pinterest

Hanfu merupakan pakaian yang digunakan etnis Han. Di zaman sekarang, sudah sedikit sekali orang yang menggunakan hanfu untuk menghadiri suatu acara. Hanfu memiliki kemiripan dengan baju-baju tradisional negara Asia seperti Hanbok dari Korea Selatan, Kimono dari Jepang. Hanfu memiliki 2 bagian yaitu atasan dan bawahan rok.

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Safna+Mutiara+Syahfitri”]Penulis: Safna Mutiara Syahfitri[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Khaerunnisa+Alfitri”]Editor: Khaerunnisa Alfitri[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.