May 19, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

4 Musisi Indie yang Digandrungi Anak Muda Masa Kini

2 min read
4 MUSISI INDIE YANG DI GANDRUNGI ANAK MUDA MASA KINI

Sumber Foto: google.com

Perkembangan musik di Indonesia makin hari semakin beragam. Contohnya, pada genre musik indie. Pergerakan genre musik indie sudah cukup lama bergema di Indonesia dan berhasil melahirkan musisi dengan kretifitasnya yang tinggi dan kemampuan yang tak diragukan lagi. Seringkali para musisi indie tidak terlalu dikenal di Indonesia.

Musisi indie harus menciptakan “wilayahnya” sendiri. Beberapa musisi indie bahkan membuat label rekaman baru untuk menggarap, mempromosikan dan mendistribusikan karya-karya mereka. Misalnya, Raisa yang menempuh jalur indie dengan Juni Records atau Tulus bersama kakaknya yang menginisiasi TULUS Company.

Namun, jika kita throwback ke tahun 2017, pada tahun tersebut merupakan tahun dimana musisi indie di gandrungi oleh anak-anak muda. Lirik ringan dan musiknya yang easy listening, membuat banyak orang yang senang mendengarkan music genre ini. Nah, pada artikel ini, deCODE akan kasih tau kalian, 4 dari sekian banyak musisi indie yang berhasil mencuri hati pecinta musik Indonesia.

1. Payung Teduh

Desember 2017 payung teduh baru saja merilis album terbaru mereka yaitu, Ruang Tunggu. Keempat pria alumni UI (Universitas Indonesia) ini, berhasil membuat para pecinta musik jatuh cinta pada musik mereka dengan memberikan sentuhan pop, kerongcong dan jazz.  Sayangnya, sebuah kabar yang kurang mengenakkan mewarnai perilisan album baru tersebut.

Sang vokalis yang bernama Is, membuat pernyataan resmi jika dirinya bakal hengkang dari band yang telah membesarkan namanya tersebut, tepatnya per awal tahun 2018.

2. Fourtwnty

Fourtwnty diprakarsai oleh Ari Lesmana, Nuwi dan Roots. Fourtwnty telah mengembangkan proyek mereka selanjutnya, setelah mini-album Setengah Dulu pada Desember 2014 dan dilanjutkan dengan rilisan full-album Lelaku pada Mei 2015. Mereka telah memanjakan pendengarnya dengan nada-nada santai dan nyaman didengar di seluruh Indonesia.

3. White Shoes And The Couples Company

WSATCC melesat kepermukaan lewat soundtrack film, Janji Joni yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Mariana Renata. WSATCC juga merupakan musisi senior di dunia music indie tanah air. Para musisi ini, memliki konsep yang sangat khas yaitu, dengan mengusung gaya tahun 70an dan vocal orisinil yang dijaga untuk tetap bernuansa mendayu.

4. Mocca

Nahh, kalo group indie yang satu ini, pastinya sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga pecinta musik indie. Yaashh, ini dia Mocca yang digawangi oleh Arina, Riko, Indra dan Toma. Berangkat dari label indie, Mocca menjadi salah satu band terbaik dengan aliran swing yang sukses mendulang fans hingga negeri Sakura. Dengan eberapa lagu berbahasa Inggris mereka, salah satunya, I Remember.

Debut album pertama adalah My Diary yang dirilis tahun 2003, telah terjual sekitar 300.000 kopi. Pada tahun 2008, album Colours masuk ke dalam nominasi Desain Cover Terbaik dan memenangkan penghargaan Karya Produksi Alternatif Terbaik dari Anugerah Musik Indonesia. Wahh, keren banget ya!

Reporter: Yorisca Putri | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.