February 24, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura

4 min read
5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura

Sumber foto: google.com

Singapura adalah negara tetangga kita yang lokasinya paling dekat dan paling sering dikunjungi oleh warga negara Indonesia. Alasannya adalah karena selain dekat, biayanya juga cukup terjangkau. Walaupun ukuran negara Singapura termasuk kecil bila dibandingkan dengan kota Jakarta. Namun pada tahun 2014, Singapura telah menduduki peringkat pertama sebagai ‘Kota Termahal di Dunia’ (World’s Most Expensive Cities 2014).

Kabar baiknya bagi wisatawan muslim, banyak sekali pilihan gerai makanan halal dan enak di Singapura. Meski Singapore bukan negara mayoritas muslim, tapi negara ini cukup ramah untuk pengunjung muslim. Makanan di Singapura pun relatif lebih murah dibandingkan dengan makanan di Negara tetangga lainnya. Pilihannya pun beragam dan sesuai dengan lidah orang Indonesia. Berikut kami rangkum 5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Kalian Berkunjung ke Singapura!

1. Singapore Zam Zam Restaurant

5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura
Zam-Zam Restaurant

Singapura Zam Zam merupakan salah satu restoran halal India-Muslim paling populer di Singapura yang didirikan pada tahun 1908. Restoran ini bertempat di Bugis, 697 North Bridge Road yang buka setiap hari dari pukul 08.00-23.00. Di tempat ini, murtabak (lebih dikenal di Indonesia dengan Martabak) disajikan dengan lapisan ekstra kulit murtabak atau roti prata tawar di bagian bawah, kemudian telur dengan daging domba cincang di bagian atasnya.

Selain itu, Zam Zam juga menyajikan makanan lain seperti Roti Prata, Nasi Biryani (hidangan nasi berbumbu khas India), Mee Goreng (semacam mie goreng), Fish and Chicken Curry (kari ayam dan ikan), dan masih banyak lagi. Untuk harga, rata-rata makanan yang disajikan mulai dari harga $6 SGD / Rp 60.000.

2. Bayang Restaurant

5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura
Bayang balinese cuisine

Jika kamu kurang suka dengan makanan khas India, maka kamu bisa mencicipi makanan halal yang khas Indonesia banget! Restoran Bayang ini menawarkan masakan khas Bali otentik dengan sentuhan kemewahan.

Restoran ini menyajikan hidangan favorit khas Bali seperti Bebek Betutu (Bebek panggang dengan bumbu Bali di Banana Leaf), Satay Campur (ikan cincang yang diasinkan atau daging yang dipanggang di batang sereh), Ikan Bakar Bali (ikan bakar Barbeque yang dihaluskan dengan saus manis spesial panggang perlahan di atas arang).

Uniknya lagi, koki di restoran ini didatangkan langsung dari Indonesia untuk memastikan keaslian masakannya loh! Restoran ini terletak di 01-05 Clarke Quay, 3A River Valley Road, 179020 dan buka dari pukul 12:00-23:00. Untuk harga, rata-rata sebesar $25 SGD untuk sekali makan.

3. Hj Maimunah Restaurant

5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura
Hajah Maimunah Food

Ternyata di Singapura juga punya tempat makan prasmanan lho! Restoran Hj Maimunah ini terletak di Jalan Pisang, yang berjarak hanya beberapa menit dari Bugis, dekat dengan stasiun MRT Lavender. Jika kamu tetap mencari makanan khas Indonesia atau makanan Melayu, pilihan restoran ini yang paling pas buat kamu!

Restoran Hj Maimunah ini menyediakan berbagai macam masakan Indonesia dan tentunya bersertifikat halal terbaik di Singapura. Menu makanan di Restoran Hj Maimunah ini tidaklah asing bagi kita khususnya bagi wisatawan Indonesia, karena dulu Hj Maimunah sempat diadopsi oleh orang Jawa dari Indonesia.

Restoran ini menyediakan berbagai macam menu yang bisa disantap, diantaranya adalah: Ikan Bakar, Ayam Merah, Ayam Bakar Sunda, Tahu Telur Jakarta, Rendang, Paru Balado, Opor Nangka hingga Urap. Yang unik dan terkenalnya lagi adalah menu Siput Sedutnya dengan kuah gulai yang nikmat. Dan masih banyak menu andalan lainnya yang disediakan. Selain harganya yang standar sekitar $10 SGD untuk setiap makanannya, restoran ini wajib dikunjungi. Karena semua orang sudah mengakui kelezatan masakan di restoran ini.

4. Islamic Restaurant Singapore

5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura
Islamic Restaurant

Bagi kamu yang menyukai makanan khas Timur dan tentunya halal, maka ini adalah pilihan yang tepat! Restoran ini terletak di Bugis, di sepanjang North Bridge Road. Restoran Islamic Singapura adalah restoran warisan yang terkenal dengan dum biryani. Pernah menjadi restoran langganan mantan presiden Singapura Yusoff Ishak, kamu bisa menikmati menu ala raja di sini.

Restoran ini memukau para pengunjung dengan penawaran makanan Halal Asia mulai dari favorit lokal hingga klasik India Utara. Restoran yang buka dari pukul 10.00-22.00 ini menawarkan berbagai macam menu, seperti: Naan-Indian Bread, Tandoori Chicken, Mutton, Murtabak, Roti Maryam, Chicken Beryani, Mee Goreng, Nasi Goreng Kampong, dan lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari $2 SGD, hingga $13 SGD untuk setiap makanannya. Cukup terjangkau, bukan?

5. Tang Tea House Hong Kong Café

5 Restoran Halal yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Singapura
Tang Tea House Cafe

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya dari etnis ini, Singapore juga terkenal Dim Sum-nya lho! Jika kamu ingin menikmati masakan gaya rumahan, maka datanglah ke kafe ini. Tang Tea House Hong Kong Cafe adalah kafe bersertifikasi halal yang terletak di Bedok Road. Tang Tea House juga terkenal dengan keaslian dan kesegaran aneka dim sum halalnya mulai dari dumpling atau pangsit kukus ala Shanghai, Siew Mai (Somay), Mie Hong Kong, Chicken Pau, Har Kow (Hakau), hingga Golden Sand Pau (Liu Sha Pau).

Semua dim sumnya dibuat dengan ayam asli dan bahan-bahannya bersertifikat halal. Siew Mai yang disajikan juga enak dan lebih besar dari kebanyakan tempat lainnya. Selain dim sum dan somay, di kafe ini juga terdapat menu andalan lainnya juga lho! Mie Hong Kong adalah mie telur dengan udang, ayam dan tauge yang memiliki rasa sangat gurih dan beraroma. Bahkan di kafe ini juga menyediakan kepiting, dan menu kepiting favorit kebanyakan orang adalah Kepiting Asin Telur Asin, yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Reporter: Sherly Ayu Ravenika | Editor: Galih Perdana

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.