Hai sahabat deCODE! Kita punya rekomendasi film yang harus banget kalian saksikan. Film yang berjudul Escape From Pretoria ini akan memberikan kalian sensasi yang menegangkan sekaligus kagum. Maka untuk tahu lebih lanjut yuk simak ulasannya berikut ini!

Film yang disutradarai oleh Francis Annan menceritakan tentang kisah nyata kehidupan para tahanan politik di dalam penjara pada era apartheid. Film ini diproduksi Australia-Inggris dan dibiayai oleh Arclight Films dan Magna Entertainment yang berbasis di New York dengan bantuan South Australia Film Corporation.

Diadaptasi dari buku autobiografi seorang pelarian, Tim Jenkin, yang berjudul Inside Out: Escape from Pretoria Prison. Film ini mengisahkan tentang Tim Jenkin (Daniel Radcliffe) dan Stephen Lee (Daniel Webber), dua pria kulit putih asal Afrika Selatan yang dituduh sebagai teroris. Keduanya dipenjara pada tahun 1978 karena keterlibatan mereka dalam operasi anti-apartheid rahasia untuk ANC (Kongres Nasional Afrika).

ESCAPE FROM PRETORIA: A 'BRILLIANT' TRUE STORY MORE PEOPLE SHOULD KNOW
Sumber Foto : IMDb

Status mereka sebagai aktivis hak-hak sipil yang berusaha menyuarakan kebebasan dan kesetaraan bagi seluruh ras, dianggap sebagai pengkhianat bagi rasnya (kulit putih). Hal tersebut membuat mereka menjadi sasaran atas kebrutalan sipir penjara. Jenkin dan Lee akhirnya bergabung dengan seorang napi lainnya dan memutuskan untuk melarikan diri dari penjara pusat Pretoria pada tahun 1979. Sebelumnya tak pernah ada satu orangpun narapidana yang sukses melarikan diri. Atas kecerdikan serta pengawasan yang cermat, dan kunci kayu yang dibuat untuk 10 pintu baja, mereka merencanakan pelarian. Petualangan mereka untuk menjemput kebebasan merupakan garis besar dari cerita film ini.

Denis Goldberg: Don’t run away, stay and fight!
Tim Jenkin: [holds up a key] This is how we fight!

ESCAPE FROM PRETORIA: A 'BRILLIANT' TRUE STORY MORE PEOPLE SHOULD KNOW
Sumber Foto : IMDb

Film berdurasi 106 menit tersebut sukses membuat penonton berdebar-debar seakan turut merasakan ketegangan di dalam cerita. Mulai dari karakter hingga dinding sel, dipenuhi dengan keringat ketegangan.

Bagi para penggemar Daniel Radcliffe, tampaknya akan dikejutkan dengan penampilan terbaru Daniel. Aktor berusia 29 tahun ini berpenampilan beda dengan film-film sebelumnya. Di film ini, Daniel tampil lusuh dengan brewok serta rambut panjang dan acak-acakan. Tak hanya itu, ia juga bergaya kuno ala 1970-an dengan mengenakan kacamata jadul. Dari aspek teknis, film ini cukup memberikan kejutan dengan pencahayaan dan warna yang sangat menarik. Penonton bisa menyaksikan perbedaan besar antara adegan di dalam dan di luar penjara. Sinematografer Geoffrey Hall melakukan pekerjaan ini dengan sangat baik.

ESCAPE FROM PRETORIA: A 'BRILLIANT' TRUE STORY MORE PEOPLE SHOULD KNOW
Sumber Foto : Pinterest

Escape From Pretoria adalah film thriller penjara yang luar biasa. Film ini ditayangkan perdana di Amerika Serikat pada tanggal 6 Maret 2020, yang mengingatkan kita semua akan kengerian masa lalu yang menghantui warga Afrika Selatan tentang praktik apartheid. Film ini juga menggambarkan perjuangan kemerdekaan dari aktivis anti-apartheid, demi terciptanya dunia yang bebas diskriminasi, dimana setiap orang dapat hidup secara harmonis, memiliki kebebasan, dan kesetaraan yang harus diperjuangkan dengan segala cara.

Penasarankan sahabat deCODE bagaimana cara Daniel Radcliffe melarikan diri dari penjara? Yuk buruan saksikan film Escape From Pretoria!

Reporter: Ariati Dewi Editor: Alfira Nanda Delya