Di zaman yang semunya sudah serba digital ini, siapa sih yang gapunya media sosial? Apalagi seorang mahasiswa, tentu punya media sosial bagaikan sebuah kewajiban. Bagi mahasiswa, media sosial seharusnya bukan dijadikan ajang curhat aja. Media sosial seharusnya dijadikan ajang unjuk kebolehan kalian. Beberapa perusahaan akan menelusuri media sosial kalian lho sebelum merekrut kalian. Maka dari itu, cobalah mulai branding diri kalian melalui media sosial.

Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah Instagram. Kita dapat unjuk kebolehan fotografi atau berpose bak foto model di Instagram. Lalu, gimana sih biar feeds di instagram terlihat bagus dan aesthetic? deCODE punya jawabannya!

  • Pilih Angle yang jarang ditemukan

Aesthetic Instagram

Sumber foto: Dokumen Penulis

Kalian pasti ngerasa dong, kalo lagi liat-liat Instagram terus ada foto yang diambil dengan perspektif berbeda pasti kalian jadi lebih tertarik untuk ngelihatnya. Nah, kalo ada foto dengan angle yang unik, kalian bisa save foto itu untuk dijadikan contoh buat foto di Instagram kalian berikutnya. Contoh sederhana adalah ketika kalian ambil foto sebuah buku. Kalau foto dari atas udah terlalu biasa, kalian bisa coba angle foto dengan ambil bagian buku dari sisi bawah. Dengan begitu, foto kalian jadi terlihat lebih unik dan menarik.

  • Background putih dan simpel

Processed with VSCOcam with hb1 preset
Sumber foto: https://www.pinterest.co.uk/

Foto-foto yang simple itu akan bikin feeds Instagram kalian semakin aesthetic lho Sahabat deCODE! Misalnya, kalian hanya foto satu buah bunga dengan background dinding putih. Atau Foto Lipstick kalian dengan alas yang lucu. Pokoknya, di dalam foto kalian itu diusahakan objek pusatnya hanya satu dengan background yang polos. Dengan hanya mengambil foto untuk satu objek saja, Instagram kalian pasti jadi kelihatan simple dan lebih aesthetic.

  • Zoom In

Sumber foto: Dokumen Penulis

Beberapa foto ternyata terlihat lebih aesthetic jika kalian foto dengan jarak yang dekat. Masih nyambung dengan poin yang pertama, foto dengan jarak dekat termasuk ke dalam angle yang jarang ditemukan. Misalnya, ketika kalian foto kucing dengan jarak normal tentu foto yang dihasilkan menjadi biasa saja. Tetapi, ketika kalian mengambil foto kucing dengan jarak yang lebih dekat, hasilnya menjadi luar biasa.

  • Edit Edit Edit!

Mengedit foto, tentulah hal yang lumrah dilakukan sebelum menguggahnya ke media sosial. Tapi apakah kalian tahu editan foto macam apa yang bisa bikin Instagram kalian terlihat aesthetic? Cara supaya Instagram kalian terlihat aesthetic adalah dengan mengaplikasikan efek yang serupa pada semua foto. Aplikasi yang biasa digunakan untuk mengeditnya adalah vsco dan snapseed. Ada akun yang menyamaratakannya dengan mengurangi saturation dari warnanya dan menambahkan brightness nya, Adapula akun yang membuat feeds Instagramnya terlihat lebih gelap. Kedua contoh diatas sama-sama dapat kalian lakukan secara seragam di Instagram kalian. Nah, sisanya tinggal yang mana yang lebih kalian sukai, feeds yang gelap atau yang terang?

Itulah tips supaya Instagram Sahabat deCODE terlihat lebih aesthetic dan menarik. Semoga kita bisa branding diri kita serta unjuk kebolehan di setiap media sosial yang kita miliki ya. Dan nantinya media sosial dapat menjadikan kita di rekrut di perusahaan yang kita inginkan!

Reporter: Safa Alattas | Editor: Galih Perdana