Hai, sahabat deCODE! Bagaimana kabar kalian selama karantina ini? New normal sudah mulai diberlakukan, namun kita sebagai masyarakat tetap harus menaati protokol kesehatan. Tidak hanya pemerintah dan masyarakat yang berusaha untuk melawan COVID-19, karya anak bangsa pun turut serta memberikan upayanya untuk melawan COVID-19. Pada 31 Mei 2020, Sandiaga Salahudin Uno sebagai Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 dan sejumlah narasumber lainnya, turut hadir di webinar dengan topik “Produk Kreasi Anak Bangsa Lawan COVID-19″. Dalam webinar tersebut, dibahas beberapa inovasi teknologi yang dapat membantu penanganan COVID-19.

Mobile Disinfektan dengan High Power Sinar UV Tipe C dilengkapi Telecontroller

INOVASI KARYA ANAK BANGSA LAWAN COVID-19
Sumber Foto : medicalexpo.com

Perangkat ini awalnya dirancang khusus untuk rumah sakit rujukan COVID-19, terutama pada ruang perawatan, area lorong, lift, ataupun ruang pemeriksaan pasien COVID-19 yang memiliki risiko penularan sangat tinggi. Perangkat ini berguna untuk mensterilkan ruangan dengan cara memancarkan sinar UV pada butiran droplet dan aerosol yang melayang di udara, permukaan benda, dinding dan lantai yang tercemar virus COVID-19 atau patogen lainnya.

Aliran energi radiasi mobile disinfektan UV tipe C ini cukup besar yaitu, 750 – 1000 watt. Mampu memancarkan radiasi 25 watt/m2 pada radius 1 meter, atau setidaknya mampu mengalirkan radiasi UVC 2.8 watt/m2 untuk ruangan dengan volumetrik sebesar 108 m3.

AIoT ThermoScan

Setiap kita memasuki gedung, tempat perbelanjaan, dan kantor, kita selalu mengalami thermoscanning atau pengecekan suhu menggunakan manual dan proximal, artinya ada kedekatan objek yang diukur dan pengukurnya. Salah satu karya anak bangsa yaitu, inovasi thermoscan yang dibuat lebih aman dengan menggunakan sistem, otomatis, tidak disentuh, dan cepat. Hanya cukup melihat ke arah perangkat pendeteksi wajah, lalu temperatur langsung terukur.

Selanjutnya, jika kita sebagai pengatur alat tersebut, kita bisa mengatur ambang suhu tubuh normal. Kemudian, pengukuran akan terlihat di dashboard. Perangkat tetap bisa mengukur wajah pengguna yang menggunakan masker. Ini salah satu karya anak bangsa yang sedang dirancang, semoga cepat terealisasikan untuk masyarakat Indonesia.

Nah, sahabat deCODE, sejatinya bangsa ini harus mandiri untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, banyak inovasi-inovasi yang telah diluncurkan untuk melawan pandemi ini. Mari kita dukung karya anak bangsa Indonesia dalam menghadapi COVID-19.

Penulis: Diva Syafitri Editor: Alfira Nanda Delya