Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Tidak bisa dipungkiri dari tahun ke tahun hari kemerdekaan tersebut selalu dirayakan dengan sangat antusias dan semangat. Tetapi berbeda dengan tahun ini, karena adanya protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah. Lantas amankah merayakan hari kemerdekaan walaupun ditengah pandemi? yuk, simak artikel berikut.

perayaan kemerdekaan di tengah pandemi: aman atau tidak?
Sumber Foto : Kompas.com

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-75 pada tahun 2020 akan dibarengi dengan kebijakan dan protokol baru. Namun hal ini berdampak pada perayaan kemerdekaan tahun ini akan terasa sangat berbeda. Aturan ini diharapkan pemerintah dapat menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang dapat berjalan hingga seterusnya.

Aman atau tidaknya menggelar acara untuk perayaan hari kemerdekaan di tengah pandemic Covid-19 masih dikaji oleh Pemprov DKI. Nantinya akan ada jenis lomba yang diperbolehkan dan lomba yang dilarang diadakan.

“Tentu kami akan kaji jenis lomba apa saja yang boleh dilakukan, mungkin nanti sebelum pelaksanaan 17-an akan ada kebijakan yang kami keluarkan.” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin, dilansir Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Dicky Budiman seorang epidemiolog dari Universitas Griffith menyatakan bahwa, “yang paling utama adalah bagaimana cara warga manapun yang akan turut berpartisipasi dapat mengendalikan jarak satu sama lain. Apalagi umumnya masyarakat belum terbiasa dan disiplin menerapkan protokol Kesehatan.”

Sementara dalam wawancara lain, pakar epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Bayu Satria Wiratama mengatakan ada lomba yang tetap bisa dilakukan. Namun harus diutamakan dan di pantau bagaimna kondisi daerah tersebut. Apakah sudah tergolong aman untuk diselenggarakan acara atau tidak. Dan terutama penataan penonton yang turut hadir jika digelar perlombaan seperti biasa harus diperhatikan.

“Menurut saya untuk jenis lombanya ada beberapa yang aman seperti balap karung dan lomba kelereng, tinggal dikasih jarak aman antar peserta,” katanya pada Kompas.com, Minggu (9/8/2020).

Upacara peringatan hari kemerdekaan pun tetap dilaksanakan di Istana Merdeka. Namun dengan peserta yang akan dibatasi, dan akan dihadiri oleh Presiden dan Istri, Wapres dan Istri, pejabat, TNI/Polri, dan tiga Paskibraka yang cadangannya diambil dari tahun sebelumnya.

Jika kamu ingin turut serta merayakan hari kemerdekaan, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi lomba unik yang dapat diselenggarakan namun tetap aman dan tergolong menghindari kerumunan.

1. Lomba membuat masker

Masker sudah menjadi benda yang paling dicari semenjak wabah corona melanda dunia dan habis di mana-mana. Lomba membuat masker dan menghiasnya akan sangat menarik dan tak kalah seru terutama anak-anak akan sangat tertarik mengikutinya. Terlebih lomba ini dapat dilakukan secara virtual. Jadi, tak perlu lagi menghadiri dan diselenggarakan di luar rumah.

2. Lomba E-sport

Lomba ini sudah sangat umum di banyak kalangan dan tak hanya diselenggarakan di hari tertentu saja. Namun di tengah pandemic taka da salahnya menyelenggarakan lomba e-sport dengan tema perayaan hari kemerdekaan, ‘kan?

3. Lomba senam kemerdekaan melalui TikTok

Yang satu ini terdengar sangat unik dan baru. Masyarakat sekitar bisa mengikutinya dengan memperagakan senam dan dance kekinian dengan menggunakan pakaian-pakaian unik. Lalu diedit dan mengunggahnya ke Tik Tok.

Jadi, walaupun sahabat deCODE di tengah protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah, kalian tetap dapat merayakan hari kemerdekaan dengan lomba-lomba yang unik dan pastinya tidak melanggar protokol yang ada. Merdeka!

Penulis: Safina Diani Handayani Editor: Meta Nur Ayu