Halo sahabat deCode. Adakah dari kalian yang sering galau dan badmood oleh rambut yang sulit diatur dan mudah lepek?  Bahkan sampai bikin kalian batal nongkrong atau ngedate? Duh, jangan sampe, deh ya..

Tapi gimana ya cara biar kita bisa punya rambut yang sehat dan mudah diatur? Terlebih lagi bagi kita yang tinggal di daerah tropis seperti ini. Terkena sinar matahari secara langsung dan cuaca yang panas sering bikin rambut jadi lepek. Bener, nggak, cewek-cewek? Namun, deCode memiliki beberapa tips untuk kalian agar dapat menjaga kesehatan rambut agar terlihat sehat dan mudah diatur.

1. Lidah Buaya

sumber foto: honestdocs.com

Girls, pasti kalian udah nggak asing dengar kalau lidah buaya baik untuk merawat rambut serta pertumbuhannya. Selain untuk rambut, lidah buaya jika diolah dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan di seluruh bagian luar tubuh kita. Lidah buaya bermanfaat untuk memperkuat helain rambut kita, juga dapat mengurangi masalah rambut dengan minyak berlebih di bagian kulit kepala yang sering membuat rambut terasa cepat lepek. Selain itu, lidah buaya juga cukup membantu perangsangan tumbuhnya rambut dan membuatnya lebih cepat panjang. Cara pakainya sangat mudah, cukup dengan balurkan bagian dalam lidah buaya di seluruh rambut maupun hanya di akarnya.

2. Minyak Zaitun

sumber foto : pinterest.se

Siapa di sini yang punya masalah rambut kering sehingga sulit di atur? Rata-rata semua wanita akan melewati masa ini pada saat tertentu. Minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan rambut dengan kandungan vitamin E dan Vitamin K di dalamnya. Jika digunakan dengan rutin, minyak zaitun dapat mengurangi masakah rambut bercabang. Balurkan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, pijat dengan lembut, dan biarkan selama 30 menit dengan dibalut handuk bersih. Mencampurkan minyak zaitun dengan lemon, kita juga dapat mengurangi timbulnya ketombe.

3. Campuran Madu dan Perasan Lemon

sumber foto: food.detik.com

Campuran madu dan air lemon adalah cara efektif untuk meningkatkan kekuatan rambut, mengurangi sifat berminyak. Selain itu, membuat rambut jadi lebih berkilau. Peras air lemon, lalu campurkan dua sendok air lemon dengan satu sendok madu. Oleskan secara perlahan ke bagian rambut sampai ke akar. Diamkan selama 20 menit dan setelah itu bilas dengan shampoo hingga bersih.

4. Santan

sumber foto: kompasiana.com

Apakah kalian tahu jika santan juga dapat mengatasi kerusakan rambut? Air perasan kelapa parut ini terkenal ampuh untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Santan dengan kandungan minyak dan nutrisinya yang tinggi dapat memberikan kelembapan alami dari akar hingga ke ujung rambut. Kandungan ini juga banyak di temukan dalam bahan-bahan shampoo. Teteskan pada kulit kepala dan pijat selama tiga sampai lima menit. Diamkan selama 20 menit, kemudian keramas rambut Anda seperti biasa. Ini akan memulihkan rambut yang kering, rusak, rapuh, dan bercabang serta meningkatkan kesehatan folikel rambut.

5. Cuka Apel

sumber foto: tempo.co

Di dalam cuka apel, terkandung asam alpha-hydroxy yang membantu dalam meningkatkan kualitas rambut. Mencuci rambut dengan cuka apel juga membantu dalam menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus. Kamu bisa menggunakannya secara rutin namun dalam kadar tertentu dan tidak berlebihan. Jika kalian memiliki rambut keriting dan sangat sulit diatur, maka dengan menggunakan cuka apel kamu akan mendapatkan rambut halus dan mudah diatur. Cuka apel sangat membantu untuk pemilik rambut seperti ini karena dapat menghidrasi dan menyegel lapisan luar rambut.

Nah berikut adalah tips yang cocok untuk sahabat deCode untuk mengatasi kerusakan rambut. Semoga artikel ini membantu ya sahabat deCode.

Penulis: Safina Diani Handayani Editor: Halimah Saadiyah