Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari seluruh jumlah kematian di dunia. Penyakit ini membuat 15 dari 1000 orang meninggal dunia. Menurut catatan Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) pada tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ketahun. Setidaknya, 15 dari 1000 orang atau sekitar 2.784.064 individu di Indonesia menerima penyakit jantung. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk kebutuhan gizi, menyebabkan berbagai penyakit datang menghampiri. Salah satunya adalah penyakit jantung.

Wajib Tahu, 3 Makanan Sehat Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan Jantungmu!

Sumber Foto : Kompas Health

Penyakit jantung disebabkan oleh sumbatan kolesterol dan lemak pada arteri koroner. Ada banyak hal yang dapat memicu penyakit jantung, seperti gaya hidup merokok, kurangnya aktivitas fisik hingga penyakit bawaan keluarga. Jika gaya hidupmu tidak sehat, tidak usah khawatir. Segera beralih pada pola hidup sehat agar meminimalisir resiko penyakit jantung. Berikut ini, makanan yang wajib dikonsumsi untuk jantung sehatmu! Simak sampai habis, ya!

1. Almond

The Dietary Guidelines for Americans menyarankan konsumen untuk menjaga konsumsi lemak hingga 30 persen dari lemak tak jenuh. Nah, almond ini sangat cocok untuk di konsumsi. Selain mengandung lemak tak jenuh dan kaya akan vitamin E, almond juga merupakan antioksidan terbaik bagi sistem kekebalan tubuh.

2. Legum

Makanan yang kedua adalah legum, sebutan untuk keluarga kacang-kacangan. Salah satunya adalah kacang kedelai yang bisa menjadi pilihan jantungmu dengan harga ekonomis dan praktis. Selain bisa mencegah penyakit jantung, kacang-kacangan juga bisa meningkatkan gula darah dan membantu menurunkan berat badan.

3. Ikan

Makanan yang terakhir adalah ikan. Makhluk laut satu ini kaya akan sumber lemak tak jenuh ganda dan penghasil omega 3 yang baik untuk tubuh. Seperti yang tertulis pada jurnal Circulation “Membiasakan makan tinggi omega 3 dua kali seminggu membantu mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke iskemik.” Terbitan tahun 2002, American Heart Association (AHA). Hal ini diperkuat oleh penelitian lain yang membuktikan bahwa dengan memakan 3% protein daging olahan ikan dapat menurunkan 31% risiko kematian jantung dan stroke.

Nah, itu dia makanan yang bisa menjaga kesehatan jantungmu. Tertarik untuk mulai mengkonsumsinya? Sesuai degan kata pepatah, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Lebih baik untuk mencegah penyakit sedini mungkin, daripada mengobatinya di masa nanti.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat ya, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Penulis: Delfina Ramadhani Editor: Siti Masitoh