Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malas Malasmu Akan Hilang!
Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malasmu Akan Hilang!

Perasaan malas sering muncul secara tiba tiba-tiba. Apalagi, di saat pandemi yang mengharuskan kita untuk di rumah saja, rasa malas datang lebih sering dari biasanya. Membuat kita menyepelekan pekerjaan, dan mengerjakannya di saat-saat terakhir. Untuk kamu yang sering merasakan hal yang sama,  simak artikel ini sampai habis, ya, sahabat deCODE!

Rasa malas memang manusiawi, dan sering dirasakan oleh setiap orang. Namun, jika kamu terus memelihara rasa malas itu, produktivitas sehari-harimu akan terhambat.

Tugas-tugas yang menjadi kewajiban sudah menunggu, dan tidak akan selesai jika kamu tidak mengerjakannya. Sering menunda-nunda pekerjaan hanya akan membawa kerugian untuk dirimu, tidak hanya di masa ini, namun juga di masa depan. Karena sifat ini jika terus dibiarkan, akan menjadi kebiasaan buruk.

Selain membuat fokus berkurang, kamu juga akan kehilangan waktu berharga yang bisa kamu lakukan untuk kegiatan lainnya. Untuk mencegah rasa malas berlebih, kamu bisa lakukan 5 cara yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini ya, sahabat deCODE!

  1. Cari tahu penyebabnya
Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malas Malasmu Akan Hilang!
Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malasmu Akan Hilang!

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui apa yang menjadi pemicu rasa malasmu.

Karena perasaan malas akan muncul karena kamu merasa bosan dengan rutinitas yang dilakukan secara terus menerus setiap harinya. Kamu menjadi kehilangan motivasi, dan enggan untuk mengerjakannya lebih awal. Setelah menemukan masalahnya, kamu harus mencari solusi yang tepat untuk melawannya. Kamu bisa melakukan teknik pomodoro, sebuah teknik belajar dengan mengatur waktu.

Teknik ini diciptakan oleh Francesco Cirillio, yaitu dengan bekerja selama 25 menit kemudian istirahat sekitar 3-5 menit. Selama istirahat kamu bisa melakukan perenggangan, minum, dan bermain gadget untuk mengecek notifikasi, tapi jangan sampai kebablasan, ya.

2. Pastikan istirahatmu cukup

Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malas Malasmu Akan Hilang!
Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malasmu Akan Hilang!

Usahakan kamu istirahat yang cukup di malam hari sesuai kebutuhan tubuhmu. Orang dewasa minimal harus tidur selama 7-9 jam perhari. Waktu tidur memang sering disepelekan, padahal memiliki waktu tidur yang cukup akan membuatmu lebih aktif seharian. Sel-sel tubuh, aliran darah, metabolismemu akan bekerja secara maksimal, dan menghindarimu dari rasa kantuk saat mengerjakan tugas, lho!

3. Lakukan aktifitas fisik

Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malas Malasmu Akan Hilang!
Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malasmu Akan Hilang!

Jangan remehkan latihan fisik walaupun hanya 15 menit. Menggerakan badan akan membuat tubuhmu menjadi lebih semangat, dan membakar adrenalinmu. Tidak hanya itu, kamu juga akan merasa lebih prima, dan pekerjaanmu menjadi lebih cepat selesai. Peraasan malas untuk menunda pekerjaan, akan enggan datang karena tubuhmu akan jauh lebih bersemangat dari biasanya. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat berjam-jam, cukup lakukan olahraga ringan namun rutin seperti squat, lompat bintang, sit-up, bridge, dll.

4. Ingat ada tugas lain yang menunggu

https://www.google.com/search?q=lakukan+aktifitas+fisik+kartun&tbm=isch&ved=2ahUKEwjz3aLuzK_yAhVvhEsFHe9sBzcQ2-cCegQIABAA&oq=lakukan+aktifitas+fisik+kartun&gs_lcp=CgNpbWcQAzoECCMQJzoECAAQQzoFCAAQgAQ6CAgAELEDEIMBOgsIABCABBCxAxCDAToICAAQgAQQsQM6BwgjEOoCECc6BwgAELEDEEM6BAgAEAM6BAgAEBNQlr4JWKyPCmDvkQpoB3AAeACAAe8BiAH3KpIBBjMuMzMuMpgBAKABAaoBC2d3cy13aXotaW1nsAEKwAEB&sclient=img&ei=bTwXYbPzCe-IrtoP79mduAM&bih=657&biw=1366#imgrc=hpcvduIrcWk7oM&imgdii=6n5UQNmSep0cMM

Jika kamu enggan untuk mengerjakan tugasmu, selalu ingat tugasmu yang lain. Menundanya akan membuat tugasmu menumpuk, tugas lain yang akan datang, dan akan membuatmu kesulitan untuk mengerjakannya nanti.

Selalu hindari perasaan meremehkan pekerjaan, agar kamu menjadi lebih peduli kepada tugasmu. Kamu akan merasakan rasa yang tidak biasa saat mengerjakan tugas lebih awal. Dengan begitu kamu bisa melakukan hal lain tanpa dibayang-bayangi rasa bersalah dan terikat. Selain itu, kamu jadi bisa mengerjakan tugas lain yang menunggu, dan setelah itu, kamu dapat melakukan aktifitas yang menyenangkan.

5. Terapkan work life balance

Lakukan 5 Cara Ini, Rasa Malas Malasmu Akan Hilang!
Lakukan 5 Cara Ini, Ras Malasmu Akan Hilang!

Work life balance adalah keadaan mengatur watu yang seimbang, antara kehidupan dunia nyata, dan kehidupan pekerjaan. Membagi waktu yang benar, dan membuatnya seimbang akan membuat hidupmu lebih bahagia. Memang ada waktunya untuk melakukan kewajiban, dan mengerjakan tugas. Tetapi perlu diingat bahwa, kamu juga punya kehidupan nyata yang harus kamu jalani.

Work life balance tidak hanya membuatmu merasa bahagia, kamu akan merasa lebih ringan untuk melakukan pekerjaanmu selanjutnya. Kamu bisa mengambil jatah libur, dan pergunakan waktu libur tersebut dengan baik. Seperti menjalani hobi yang kamu sukai, berbelanja, atau sekedar menonton series netflix kesukaanmu. Jika kamu belum menemukan hobi yang cocok untukmu, kamu bisa tetap terapkan work life balance ini dengan tetap menghabisi waktu liburmu dengan istirahat tanpa mengerjakan tugas apapun.

Nah, itu dia 5 cara untuk menghilangkan rasa malasmu. Apa kamu tertarik untuk mencobanya?

Penulis: Delfina Rahmadhani Editor: Safina Diani