Meskipun mobilitas dikurangi dan perekonomian sedang dalam pemulihan di masa resesi, pemerintah tetap gencar membangun infrasturktur. Tahun 2022 mendatang, pemerintah akan membangun 6 bandara. Diharapkan pembangun ini dapat memulihkan perekonomian sekaligus meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia. Pembangunannya di mana saja ya? Yuk, simak!

6 BANDARA BARU INDONESIA, AKAN SEGERA DIBANGUN 2022 MENDATANG

Sumber Foto : jogya.com

Setelah wacana pembangunan 161 bandara pada 2020 lalu yang sudah terdengar jauh-jauh
hari dan digadang-gadang akan menelan anggaran Rp 1 trilliun lebih.

Dikutip dari detikfinance.com, Budi Karya, Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub), mengatakan, kami akan melakukkan pembangunan 16 strategis, dengan anggaran Rp 1,6 trilliun.

Namun, rencana tersebut belum juga terealisasikan hingga sekarang dan baru dimasukkan ke dalam rencana pembangun pada tahun 2022 mendatang. Rencana tersebut pertama kali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo dalam pidato Nota Keuangan dan RUU APBN yang berlokasi di DPR RI, Senin 16 Agustus 2021. Jokowi menjelaskan bahwa, pembangunan infratruktur merupakan 1 dari 6 fokus pemberintah dalam APBN 2022.

6 BANDARA BARU INDONESIA, AKAN SEGERA DIBANGUN 2022 MENDATANG

Sumber Foto : goodnewsfromindonesia

Dikutip CNBC Indonesia dari Buku Nota Keuangan dan RAPBN 2022, dana yang disiapkan dalam fungsi ekonomi ini adalah Rp 402,3 triliun. Infrastruktur yang akan dibangun cukup beragam. Mulai dari jalan baru, jalur kereta api, bendungan hingga bandar udara.

“Presiden menyampaikan bahwa, tahun depan kita masih akan fokus meneruskan belanja infrastruktur di dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas dan konektivitas.” Tutur Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2022, dikutip dari beritasatu.com.

Meskipun Indonesia telah memiliki ratusan bandara bagi penerbangan domestik maupun internasional, jumlah tersebut dinilai belum cukup, sehingga membutuhkan tambahan bandara. Pembangunan 6 bandara ini diharapkan dapat menunjang mobilitas masyarakat di sejumlah wilayah yang sebelumnya sulit menjangkau bandara yang sudah ada. Tidak hanya itu, infrastruktur juga dibangun untuk meningkatkan produktivitas dan konektivitas masyarakat.

6 BANDARA BARU INDONESIA, AKAN SEGERA DIBANGUN 2022 MENDATANG

Sumber Foto : voi.id

Bandara yang di bangun akan tersebar di 3 pulau Indonesia, yaitu Pulau Sumatera,
Sulawesi dan Papua. Berikut rinciannya :

  1. Bandara Madina, Sumatra Utara
  2. Bandara Mentawai Baru, Sumatra Barat
  3. Bandara Boolang Mangodow, Sulawesi Utara
  4. Bandara Pohuwato, Gorontalo
  5. Bandara Siboru, Papua Barat
  6. Bandara Nabire Baru, Papua
Penulis: Delfina Rahmadhani Editor: Siti Masitoh