Setiap 11 September diperingati sebagai Hari Radio Nasional, sekaligus memperingati hari lahirnya Radio Republik Indonesia (RRI) yaitu pada 11 September 1945. Saat ini RRI telah mengudara selama 76 tahun. Dikutip dari rri.co.id., RRI merupakan radio tertua yang masih bertahan sampai saat ini di Indonesia dan menjadi alat pemersatu bangsa. Seiring dengan perkembangan jaman RRI menjadi siaran yang lebih dinamis dan melebarkan jangkauannya.

Walaupun radio merupakan media komunikasi massa satu arah, namun radio masih diminati oleh penggemarnya dan menjadi salah satu media massa yang berpengaruh dalam menyampaikan pesan saat ini.

Untuk merayakan Hari Radio Nasional. Berikut 7 fakta menarik tentang radio di Indonesia yang harus kamu ketahui.

1. Guglielmo Marconi adalah penemu dan pengembang radio

Guglielmo Marconi seorang Insinyur listrik asal Italia. Guglielmo Marconi berhasil mengirim berita radio melintasi samudera Atlantik dari Inggris ke Newfoundland, sebuah pulau di Kanada.

2. Perjalanan radio di Indonesia diawali oleh Batavia Radio Vereniging (BRV)

Batavia Radio Vereniging berdiri pada 16 Juni 1925. Pada saat itu BRV adalah siaran pertama radio milik Hindia Belanda (Indonesia) yang di dirikan di Batavia (Jakarta). Kemudian muncul badan-badan radio siaran lainnya di Indonesia seperti Nederlandsch Indische Radio Omroep Masstchapy (NIROM) di Jakarta, Bandung dan Medan. Selain itu juga ada Mataramse Verniging Voor Radio Omroep di Yogyakarta.

3. Pengucapan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Jusuf Ronodipuro di disiarkan melalui Radio Republik Indonesia (RRI)

Pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia ini disiaran ke seluruh dunia menggunakan pemancar radio revolusioner yang dibuat oleh seorang yang bernama Gunawan. Untuk mengumumkan telah lahir sebuah bangsa baru yang berdaulat penuh, bernama Indonesia.

4. Grup lawak Warkop DKI terkenal melalui radio Prambors

Komedian yang akrab disapa Dono, Kasino dan Indro tersebut mulai terkenal saat mereka menjadi pembawa acara di radio Prambors lewat acara obrolan Santai di Warung Kopi.

5. Radio Kayu asal Temanggun, Jawa Tengah dikenal sampai ke Jepang, Jerman dan AS

Radio dengan merek Magno tersebut memiliki harga sekitar Rp. 1,1 juta – Rp. 1,3 juta per unit.

6. Gofar Hilman pecahkan Rekor Muri siaran nonstop selama 34 jam, sendirian

Siaran tersebut dilakukannya pada 4-5 Juli 2019 Melalui program Good Morning Hard Rockers Show Radiothlon di 87,6 Hard Rock FM Jakarta. Gofar berhasil mengalahkan Indy Barends dan Farhan, yang juga mendapatkan rekor siaran terlama selama 32 jam pada 2002.

7. Lahirnya RRI NET (Saluran radio visual)

RRI NET diresmikan pada 12 September 2018 dalam rangka hari ulang tahun RRI ke-73. Program-program RRI NET dapat disaksikan melalui satelit AsiaSat 9 dan Telkom-4 serta layanan streaming.

Itulah 7 fakta menarik tentang radio yanng harus kamu ketahui di Hari Radio Nasional ini. Mari kita cintai karya anak bangsa dan memajukan radio Indonesia sebagai pemersatu bangsa, “Sekali di Udara, Tetap di Udara”.

Reporter: Annisa Dewi Editor: Adhera Wardani