Halo Sahabat deCODE Magazine. Siapa sih yang tidak tahu serial Netflix La Casa de Papel, atau yang kita kenal dengan Money Heist. Setelah lama menunggu, akhirnya serial Money Heist Season 5 akhirnya resmi dirilis di platform streaming Netflix pada Jumat 3 september lho.

Serial ini akan melanjutkan kisah geng perampok yang berusaha mencuri emas dari Bank Spanyol. Money Heist mencetak kesuksesannya selama empat season sebelumnya, yang menyita banyak perhatian pecinta serial produksi spanyol ini.

Sumber Foto: Netflix.com

Money Heist sukses membuat penontonnya ketagihan karena terus disuguhkan oleh alur cerita yang tidak tertebak. Tetapi sahabat deCODE harus tahu, di balik kesuksesan Money Heist yang merupakan serial berbahasa Spanyol garapan Álex Pina ini menjadi serial bahasa asing yang paling banyak ditonton pada 6 negara yaitu Prancis, Italia, Chili, Portugal, Brasil, dan Argentina.

Namun hal tersebut pernah gagal dan dibatalkan pada season kedua. Mengapa???

Money Heist awalnya ditayangkan pada Antena 3 saluran TV Spanyol hanya mendapat 4,5 juta orang yang menyaksikan series tersebut. Kemudian jumlahnya menurun seiring berjalannya waktu.

Dikutip dari koran asal Spanyol El Mundodi tahun 2019, Javier Gómez Santander sebagai screenwriter series fenomenal ini beranggapan bahwa karyanya merupakan sebuah kegagalan, menghasilkan potongan dari bab-bab mendatang yang direncanakan oleh Antena 3.

Melihat adanya kesempatan dan potensi dalam mencakup pasar internasional. Karena bisa disimpulkan untuk segmentasi serial Netflix adalah Globalmarket. Netflix memutuskan untuk membeli hak siar series tersebut dengan harga$2!

Hanya dengan modal $2, Netflix berhasil membawa series Money Heist menjadi nomor 1 di dunia.

Sumber : https://temanstartup.com/5-fakta-dibalik-series-money-heist/

Penulis: Saskia Nurulita Editor: Dhiva Puspa