Halo Sahabat deCODE, seberapa tahu kamu dengan insecure? Yap! Insecure merupakan perasaan tidak aman yang disebabkan oleh kecemasan dan kurangnya rasa kepercayaan diri. Perasaan ini kerap kali muncul ketika kita membuka sosial media yang isinya orang-orang yang mungkin “lebih” dari kita, baik secara fisik,materi, maupun relasi. Lewat buku ini, seolah-olah kita sedang berbicara dengan Si perasaan insecure yang ada di dalam diri kita sehingga kita bisa lebih memaknai perasaan insecure ini dan bisa berdamai.

Buku self healing karya Alvi Syahrin ini berisikan tentang bagaimana cara kita berdamai dengan rasa insecure yang selalu ada di dalam diri kita. Makna dari judul “Insecurity Is My Middle Name” diambil dari perasaan insecure yang seolah-olah menjadi bagian di hidup kita. Berikut adalah sinopsis dari buku ini, “tapi di sinilah kamu, menyentuh buku ini, trying to feel something, trying to be something, dan kamu sudah ada di langkah yang tepat, karena buku ini, ada 45 bab yang membuatmu berdamai dengan insecurity-mu.”

Sumber Foto: nukilanbiruni.com

“Penjahat dalam kisah kita bukanlah ibu tiri yang kejam, teman yang berkhianat, orang-orang yang merendahkan kita, tapi … our own insecurity”. Kutipan tersebut ditulis Alvi pada halaman awal di buku ini. Perasaan insecure membuat diri kita selalu merasa rendah, dan itu tidak baik untuk diri sendiri. Kita harus mampu mengontrol perasaaan kita ya sahabat DECODE, jangan sampai kita yang dikontrol dengan perasaan yang tidak baik itu.

Diwali dengan bab 1 yaitu membahas good looking yang seringkali menjadi kecemasan, terutama pada perempuan. Disini Alvi menulis bahwa good looking bukan segalanya, “You dont have to be beautiful. You can be talented, and that’s still beautiful in some ways”. Dan uniknya Alvi selalu menyelipkan potongan ayat Al-Quran/Hadis yang relate dengan insecure, contohnya : “Sesungguhnya, Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian” (HR. Muslim No.2564) tulis Alvi pada akhir bab 5.

Nah! Itulah sedikit gambaran mengenai buku “Insecurity Is My Middle Name” yang mampu mengurangi rasa insecure para Sahabat deCODE dan bisa berdamai dengan perasaan tidak baik itu. Jangan insecure lagi ya Sahabat deCODE!

Penulis: Wifda Mufti Karima Editor: Dhiva Puspa