April 25, 2024

deCODE

Progressive News & Creative Magazine

Film Tarung Sarung: Bawakan Tradisi Budaya Suku Bugis, Makassar

2 min read
Film Tarung Sarung: Bawakan Tradisi Budaya Suku Bugis, Makassar

Sumber Foto : YouTube

Halo sahabat deCODE! Pada tahun 2020 lalu, industri film Indonesia merilis film Tarung Tinju yang diadopsi dari tradisi budaya suku Bugis, Makassar. Memiliki genre action dan religi, film ini membuat penonton penasaran.

Film Tarung Sarung: Bawakan Tradisi Budaya Suku Bugis, Makassar
Sumber Foto : Tagar.id

Film Tarung Tinju menceritakan Deni Ruso (Panji Zoni), anak dari pemilik Ruso Corps, pengusaha properti terbesar di Indonesia. Ia tidak percaya Tuhan dan selalu berfikir segalanya bisa diselesaikan dengan uang. Memiliki sikap brutal dan suka berkelahi keroyokan. Kepribadian buruknya berubah saat pergi ke Makassar untuk melanjutkan bisnis proyek keluarganya.

Di sana Deni bertemu dengan Tenri (Maizura) dan jatuh cinta padanya. Tenri adalah seorang gadis aktivis Makassar yang membenci Ruso Corp sebagai kapitalis perusak lingkungan. Deni terus berusaha mendekati Tenri dengan tetap menyembunyikan latar belakang keluarganya agar mendapatkan cinta Tenri.

Tenri memperkenalkan Deni budaya tradisi Makassar yaitu Tarung Sarung, Tradisi ini merupakan sebuah kebiasaan masyarakat setempat. Cara mainnya adalah dengan berhadapan langsung satu lawan satu. Tenri juga merekomendasikan Deni untuk belajar Tarung Sarung. Sekaligus belajar mengenal Tuhan kembali yang dibimbing Pak Khalid (Yayan Ruhiyan), seorang penjaga Masjid.

Permasalahan muncul ketika SanRego (Cemal Faruk) dan Deni memperebutkan cinta Tenri dengan cara melakukan Tarung Sarung. Pemenang turnamen inilah yang nantinya bisa meminang Tenri. Untuk lebih mengetahui kisahnya, sahabat deCODE bisa nonton di Netflix ya!

[tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Khaerunnisa+Alfitri”]Penulis: Khaerunnisa Alfitri[/tw-button] [tw-button size=”medium” background=”” color=”blue” target=”_blank” link=”http://decode.uai.ac.id/?s=Siti+Masitoh”]Editor: Siti Masitoh[/tw-button]

[tw-social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/deCODE_Magazine” title=”Follow our Twitter for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”instagram” url=”https://www.instagram.com/decodemagazine/” title=”Follow Our Instagram for more Updates!”][/tw-social] [tw-social icon=”facebook” url=”https://www.facebook.com/Decode-Magazine-1895957824048036/?hc_ref=ARQllNXfRdmjk9r__uOAjkB4vJc2ohjO-3fMBz5-Ph_uF74OzCx-zYf-biULGvQzGWk&fref=nf” title=”Follow our facebook for more Updates!”][/tw-social]

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.