Cafe Batavia (Sumber: Jakarta-tourism.go.id)

Hallo sobat deCODE. Bagi kalian yang sering jalan-jalan ke Museum Sejarah Jakarta atau biasa kita kenal Museum Fatahillah pasti tidak asing lagi dengan Café Batavia.

Sebelumnya bangunan ini dibangun pada tahun 1805 sebagai kantor VOC. Seiring berjalannya waktu bagunan ini dialihfungsikan menjadi sebuah restoran seperti yang kita kenal saat ini. Café Batavia ini diresmikan pada tanggal 3 Desember 1993 dan dimiliki oleh sepasang suami istri, Lianny Haryono dan Leonard Pandy Phua.

Café Batavia merupakan sebuah restoran yang terletak di Kota Tua yang beralamat di Jl. Pintu Besar Utara No.14, RT.7/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230.

1. Lokasi Café Batavia menghadap ke alun-alun Taman Fatahillah.

Sumber: intisari.grid.id

2. Café Batavia menjadi salah satu landmark kolonial dan merupakan bangunan tertua kedua di alun-alun, setelah gedung bekas Balai Kota Batavia, yang telah dibangun kembali sebagai Museum Sejarah Jakarta.

Sumber: barecamedia.com

3. Pada mulanya, bagunan ini sebagai kediaman gubenur VOC dan Gedung Administrasi dengan konsep Art Gallery penuh sejarah. Jadi tidak heran interior pada Cafe Batavia keren-keren.

Sumber: tripadvisor.com

4. Lantai 2 dari Cafe Batavia ini menampilkan ‘Grand Salon’, ruang makan utama yang mampu menampung 150 tamu ditambah dengan interior unik menjadikan ruang makan semakin nyaman.

Sumber: tripadvisor.co.id

5. Pada lantai 1 Cafe Batavia juga tidak kalah estetiknya, cocok untuk bersantai bersama taman atau keluarga.

Sumber: tripadvisor.com

6. Cafe Batavia juga dikelilingi oleh jendela kaca indah, sehingga pengunjung yang sedang berada di dalam cafe dapat melihat pemandangan di daerah cafe tersebut.

Sumber: tripadvisor.com

Untuk Jam Operasional Cafe Batavia ini yaitu:
Senin sampai Kamis: 8 am – 12 am (tengah malam)
Jumat: 8 am – 1 pagi
Sabtu: 7 am – 1 pagi
Minggu / Hari Libur: 7 am – 12 am (tengah malam)

Bagaimana nih sobat deCODES? Tertarik kan? Yu, langsung saja datangi tempatnya buat teman-teman yang suka hangout, nongkrong bareng temen, dan bingung untuk mencari spot foto. Tentu di Café Batavia ini solusinya!

Attachments

Penulis: Bagus Raffiyanda Editor: Annisa Dewi