Halo sahabat deCODE! Kasus Covid-19 di Jakarta sudah menurun dan beberapa tempat wisata sudah mulai buka kembali. Dibukanya beberapa tempat wisata tersebut dimanfaatkan warga Jakarta untuk langsung pergi berwisata. Dampaknya, tempat wisata menjadi sangat ramai.

Eits, tapi tenang bagi kalian yang masih bingung mau hangout ke mana, deCODE punya beberapa referensi tempat yang seru dan jauh dari kerumunan. Saat ini, taman-taman di Jakarta bisa dijadikan tempat piknik yang gak kalah bagus dan serunya lho.

Simak daftar berikut ini.

1. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang berlokasi di Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 12910. Tempat ini merupakan lokasi yang tepat untuk menghabiskan momen liburan akhir pekan di Jakarta. Taman Situ Lembang cocok untuk bersantai sambil memancing, jalan-jalan, dan juga piknik.

Ketika sore hari, suasana di Taman Situ Lembang menjadi lebih eksotis dengan pancaran matahari.

Luas taman ini mencapai 14.700 meter persegi dan sebagian besar merupakan danau. Di samping fungsi utamanya menjadi spot memancing, danau ini juga jadi penyejuk. Di sekeliling danau, terdapat berbagai pepohonan rimbun yang menambah keteduhan.

Taman ini juga difasilitasi dengan musala, toilet, tempat sampah, serta bangku taman yang tersebar di seluruh area taman.

Untuk menikmati pemandangan ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang saku. Yup, gratis! Kamu cukup membayar biaya parkir kendaraanmu saja.

2. Taman Suropati

Tempat ini berlokasi di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10310. Taman ini bisa dikunjungi secara gratis oleh warga dan buka 24 jam lho. 

Di taman ini terdapat beragam tanaman yang ditata sedemikian cantik.

Sehingga menciptakan pemandangan yang indah. Tempat ini dikeliling pohon-pohon yang membuat suasana terasa sangat teduh, sejuk, dan segar.

Di bagian tengah, terdapat kolam air mancur yang cukup besar. Pengunjung biasanya duduk di sekitar kolam untuk mendapatkan kesegaran dari tempias airnya. Gemericik air menambah suasana semakin nyaman untuk bersantai.

Taman ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap seperti toilet, gazebo, dan bangku-bangku taman. Terdapat jalan setapak di sekeliling area taman untuk jogging atau jalan santai. Tidak ada lahan parkir khusus ataupun musala di sini. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di area parkir Masjid Sunda Kelapa yang ada di seberangnya.

3. Hutan Kota GBK

5 TAMAN DI JAKARTA YANG BISA JADI TEMPAT PIKNIK ESTETIK

Sumber Foto : suara.com

Taman ini berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) sport complex, Jakarta Pusat. Taman ini ramai didatangi warga untuk piknik dan jadi populer sejak viral di TikTok.

Kawasan ini merupakan tempat rekreasi dan tempat piknik yang menarik untuk dikunjungi. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir karena masuk ke taman ini gratis.

Namun, taman ini hanya memiliki kapasitas untuk 100 orang. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan. Perlu diingat, untuk pembayaran parkir di kawasan ini menggunakan fasilitas e-money.

Sedangkan untuk jam operasional, taman ini hanya buka pada Sabtu dan Minggu pukul  06.00 WIB sampai 10.00 WIB dan 15.00 WIB sampai 18.00 WIB.

4. Taman Piknik Satria Mandala

5 TAMAN DI JAKARTA YANG BISA JADI TEMPAT PIKNIK ESTETIK

Sumber Foto : tamanpiknik.id

Taman Piknik Satria Mandala berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.14, RT 6/RW 1, Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. DKI Jakarta. Jam operasional pukul 08.00-21.00 WIB, buka setiap hari.

Selain view perkotaan, kita bisa melihat koleksi museum seperti rudal dan pesawat. Setelah mengunjungi museum, kita dapat menikmati berbagai macam kuliner dari UMKM sekitar dengan berbagai macam pilihan menu makanan dan minuman.

Tempat ini memiliki area parkir, toilet umum, musala, kafe, kedai makanan serta minuman, area piknik, co-working space, event spot, museum dan lainnya. Harga tiket masuk museum Rp 5.000 per orang dewasa. Sedangkan anak-anak Rp 3.500.

5. Taman Piknik Kalimalang

Taman Piknik Satria Mandala

Sumber Foto : kompas.com

Taman Piknik berlokasi di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Jakarta Timur kita hanya menempuh jarak sekitar 1 Kilometer dari Jalan Raya Kalimalang. Persisnya, berada dekat dengan pemukiman warga.

Tempat ini memiliki pemandangan yang asri. Taman Piknik seolah menawarkan suasana berbeda, jauh dari kebisingan Jalan Raya Kalimalang. Taman ini merupakan salah satu taman yang dibuka selama masa PPKM DKI Jakarta.

Dengan demikian, masyarakat diperbolehkan datang untuk berolahraga, bersantai, atau sekedar menikmati suasana sore di Taman Piknik. 

Nah, itu dia taman-taman estetik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan, menerapkan 3M, dan juga jaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak fasilitas taman.

Penulis: Annisa Dewi Editor: Siti Masitoh