Toxic people atau orang-orang toxic memang harus dihindari di kehidupan kita, karena akan memberikan dampak negatif. Namun kita juga perlu untuk intropeksi diri agar tidak memberikan dampak negatif kepada orang lain. 

Tanda-tanda ini merupakan ciri kita adalah orang yang toxic. Yuk simak penjelasan ini! 

1. Sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain   

Salah satu tanda kita orang yang toxic adalah kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau tidak mau berempati kepada orang lain dan kita hanya memikirkan diri sendiri. Kita wajib introspeksi diri saat kita bahagia ketika orang lain sedang kesusahan, sakit, depresi, dan kesulitan lainnya. 

2. Tidak senang ketika orang lain berhasil  

Tanda ini merupakan kamu adalah orang yang toxic, tidak senang dengan keberhasilan orang lain dan merasa kita harus menjatuhkan kepercayaan orang lain yang sedang berhasil mencapai sesuatu karena kita ingin menjadi yang lebih baik dari orang lain. Contohnya seperti ketika memuji seseorang tetapi dengan hal yang negatif.

3. Playing Victim

Playing Victim atau berperan sebagai korban termasuk tanda bahwa kamu adalah orang yang toxic. Selain menyebalkan dan merugikan. Playing Victim termasuk orang yang tidak bisa minta maaf, meski mereka sudah jelas-jelas salah. Mereka akan menganggap kesalahan mereka itu disebabkan oleh orang lain. Sahabat deCODE jangan seperti itu ya!

4. Mudah meremehkan masalah seperti candaan 

Yang terakhir tanda kamu adalah orang yang toxic adalah mudah meremehkan masalah seperti candaan dan menganggap seperti menyepelekan ketika ada masalah. 

salah satu tanda toxic people ini adalah selalu menyangkal. Kita tidak peka dengan perasaan orang lain, bahkan saat mereka sudah menegur kita.

Nah, itulah tanda-tanda bahwa kita adalah orang yang toxic. Adakah salah satu dari keempat tanda tersebut di diri kita? Jika ada, segera intropeksi diri ya sahabat deCODE agar tidak menimbulkan dampak negatif terhadap orang lain.

Penulis: Nur Endah Widowati Editor: Amanda Rizki Amelia