Wisata religi memang tidak terlalu diminati seperti tempat biasa lain. Dinilai kurang menarik, dan kurangnya pengetahuan tentang wisata religi, membuat sebagian orang jadi tidak selera untuk mengunjunginya. Padahal, ada beragam tempat menarik yang suguhkan keindahan, dan menambah keimanan.

Covid-19 masih melanda negara Indonesia, untuk menghilangkan kejenuhan orang-orang butuh liburan untuk menambah imun dan semangat. tidak selalu pergi ke tempat rekreasi seperti pantai, taman, gunung, maupun kafe untuk liburan.

Pentingnya untuk menambah wawasan keislaman, agar iman kita senantiasa kuat dan jadi lebih paham tentang apa itu Islam. Tidak perlu pergi berhaji ke Mekkah untuk dekatkan diri kepada Allah. Kamu juga bisa kunjungi rekomendasi tempat religi yang ada di Indonesia.

Masjid Terapung Gede Bage

5 DESTINASI WISATA RELIGI YANG MENARIK SAHABAT DECODE KUNJUNGI
sumber foto : otomotif-Antaranews.com

Bagi orang Bandung mungkin tidak asing lagi dengan masjid yang satu ini. Masjid Terapung Gede Bage atau biasa disebut Masjid Apung al-Jabbar. Pembangunan masjid ini di desain oleh arsitek dari ITB. Masjid yang dibangun diatas danau buatan, Bukan hanya sebagai tempat Ibadah, di dalam masjid ini juga memiliki fasilitas museum tentang Islam dan juga perpustakaan. Selain itu, danau yang terdapat di Masjid Apung ini dimanfaatkan orang-orang untuk memancing ikan.

Masjid Ramlie Musofa

5 DESTINASI WISATA RELIGI YANG MENARIK SAHABAT DECODE KUNJUNGI
sumber foto : qoobah.co.id

Masjid yang dikenal sebagai Taj Mahal nya Indonesia ini, memiliki desain yang sangat unik. Didesain dengan perpaduan budaya Melayu, Tionghoa dan Arab. Penamaan pada masjid ini berasal dari akronim silsilah keluarga, yaitu Ramlie dan Musofa. Dari Silsilah Ramlie adalah Ram- Ramlie dan Lie- Lie Njoek Kim. Dari silsilah Musofa adalah Mu- Muhammad, So- Sofiyan dan Fa- Fabian. Masjid ini berkawasan di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara.

Masjid Baiturrahman Aceh

5 DESTINASI WISATA RELIGI YANG MENARIK SAHABAT DECODE KUNJUNGI
sumber foto : suara.com

Masjid kokoh yang dikenal atas terjadi tragedi tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004. Bukan hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Raya dipergunakan sebagai pusat pendidikan ilmu agama. Banyak turis dari negara Melayu, Persia, Arab, dan Turki datang ke masjid ini untuk memperdalam ilmu agama islam. Majid Raya Baiturrahman kini juga dijadikan sebagai media pengembangan potensi sosial kemasyarakatan.

Masjid Agung Al-Falah Jambi

5 DESTINASI WISATA RELIGI YANG MENARIK SAHABAT DECODE KUNJUNGI
sumber foto : afdhalillahi.com

Masjid terbesar di kota Jambi yang memiliki julukan ‘masjid seribu tiang’, karena jumlah tiangnya yang begitu banyak. Bangunan Masjid ini juga menarik dan unik karena tidak ada pintu maupun jendela yang membatasi ruangan di dalam nya dan juga memiliki kubah yang dihiasi dengan lukisan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an berwarna kuning emas dengan latar kuning, coklat dan hijau.  

Masjid Agung Jawa Tengah

5 DESTINASI WISATA RELIGI YANG MENARIK SAHABAT DECODE KUNJUNGI
sumber foto : phinemo.com

Dalam pembangunannya, masjid ini dirancang dalam nuansa campuran Jawa, Islam dan Romawi. Yang menjadi daya tarik wisatawan pada masjid agung ini adalah menara Al-husna, payung raksasa, Al-Qur’an raksasa, dan bedug raksasa. Dikutip pada hasil wawancara yaitu Didi seorang pengelola masjid agung Jawa Tengah bahwa gaya Romawi pada bangunan masjid ini dihiasi oleh kaligrafi yang menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul. Kemudian pada gerbang nya ditulis kalimat syahadat dengan tulisan huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti”.

Penulis: Khaerunnisa Alfitri Editor: Delfina Rahmadhani