Sumber: Suara.com

Hallo sahabat deCode! Kira-kira sahabat deCode masih ada yang suka menulis buku harian untuk mencurahkan isi hati atau menceritakan peristiwa berkesan?

Di era digital, saat ini banyak kegiatan manusia yang beralih menggunakan teknologi digital, salah satunya adalah kegiatan menulis buku harian. Bahkan, kegiatan menulis buku harian pun sudah sangat sedikit peminatnya dan dianggap jadul.

Melansir dari Huffpost, ternyata hobi menulis buku harian banyak manfaatnya lho. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan kecerdasan emosional

Menulis buku harian akan meningkatkan kemampuan kita dalam memahami dan mengelola emosi diri dan orang lain. Sehingga, emosional yang kita keluarkan akan semakin terarah.

2. Sebagai penyembuh diri

Penulis buku Writing to Heal, Dr. James Pennebaker, mengatakan bahwa terjadi peningkatan fungsi kekebalan tubuh saat menulis. Biasanya stres akan menyebabkan hambatan emosional.

Dengan menulis buku harian, menuangkan perasaannya dan pengalamannya ke dalam tulisan, sehingga beban yang dialaminya dapat menjadi penyembuh diri baik secara emosional, fisik, dan psikologis.

Penelitian juga menunjukkan, pelepasan emosi dari menulis buku harian dapat menurunkan kecemasan, stres, dan mendorong tidur yang lebih baik.

3. Mengenal diri sendiri

Dengan rutin menulis, kita akan lebih mengetahui hal-hal yang kita sukai, syukuri, dan angan-angan atau cita-cita yang ingin kamu capai.

Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih mengenal karaktermu dan lebih yakin dalam menentukan apa yang ingin kamu capai dalam hidup.

4. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Menulis juga merupakan bentuk dari komunikasi lho sahabat deCode. oleh karena itu, seseorang yang terbiasa menulis buku harian biasanya memiliki kemampuan bicara yang baik.

Dengan menulis, seseorang akan terbiasa menyusun kata-kata menjadi kalimat, menceritakan atau menjelaskan sesuatu. Dan itu akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasinya.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Menulis buku harian mengenai pengalaman positif yang kita miliki akan membuat kita jadi lebih percaya diri. Pelepasan endorfin dan dopamin saat menulis akan meningkatkan harga diri dan suasana hati.

Menulis buku harian juga bisa mengenai pencapaian yang telah kita dilakukan, cita-cita atau plan kehidupan yang mau kita capai, ketika kita membacanya akan meningkatkan suasana hati dan meningkatkan semangat kita.

Nah itu dia 5 manfaat dari menulis buku harian, bagaimana sahabat deCode, menarik bukan? yuk kita ubah kecenderungan kita terhadap kebiasaan yang tidak bermanfaat dan ubah dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Penulis: Annisa Dewi Editor: Amanda Rizki Amelia