Kebun Raya Bogor merupakan tempat perlindungan ekosistem sekaligus pusat penelitian alami yang memberikan manfaat bagi ilmu botani dan juga farmasi. Di dalamnya terdapat beragam tumbuhan hijau.  Kini Kebun Raya Bogor memiiki tampilan baru dengan beragam warna lho. Penasaran kan seperti apa tampilan baru Kebun Raya Bogor. Yuk! simak artikel berikut.

Tampilan baru Kebun Raya Bogor dinamakan Glow Kebun Raya. Tempat ini merupakan satu-satunya dan pertama di Indonesia yang memiliki konsep botanical night garden. Dimana seluruh tanaman diberi lampu warna warni yang menyala saat gelap. Cocok banget nih buat sahabat deCODE yang lagi cari tempat malam mingguan. 

Saat memasuki area Glow Kebun Raya, kalian bisa menikmati 6 area dengan keunikannya masing-masing, yaitu:

Tampilan Baru Kebun Raya Bogor, Cocok Untuk Malam Mingguan

Sumber Foto: glowkebunraya

1. Taman Pandan

Tempat ini disebut Taman Pandan karena sebagian besar areanya adalah tanaman pandanus tectorius. Sebuah tanaman yang tingginya mencapai 18 meter. Selain tanaman, di sini kalian bisa menikmati satwa pada malam hari.

2. Taman Meksiko

Area ini dilengkapi dengan tanaman-tanaman beriklim kering, seperti kaktus, agave, dan yucca. Di sini kalian akan mendapat paparan pengetahuan mengenai tumbuhan iklim kering dengan diiringi lantunan musik khas Meksiko.

3. Taman Akuatik

Pada area ini, kalian akan menemukan tanaman yang tumbuh langsung di ekosistem air. Beberapa jenis tanamannya terdiri dari: Typhonodorum lindleyanum Schoot, Metroxylon sagu Rottb., Barringtonia asiatica (L) Kurz. dan lainnya.

4. Lorong Waktu

Area ini merupakan sebuah lorong yang dihiasi lampu warna-warni. Tempat ini mengajak kalian untuk belajar tentang evolusi alam. Selain itu, sahabat deCODE juga akan dibekali pengetahuan tentang berbagai jenis awan, mulai dari stratus, altokumulus hingga kumulonimbus.

5. Taman Astrid

Penamaan “Taman Astrid” ini diberikan Pemerintah Belanda sebagai bentuk penghormatan terhadap Putri Astrid dan Pangeran Leopold III yang mengunjungi Kebun Raya Bogor pada masa bulan madu. Sebagai bentuk penghormatan, Belanda membangun jalan kembar yang dilapisi aspal. Jalan kembar itu terpisah oleh sebuah taman khusus yang berhiaskan bunga tasbih atau kana (canna hybrida).  Pada area ini kalian bisa melihat seluruh kisah Kebun Raya Bogor yang disajikan dalam bentuk visual.

6. Ecodome

Tempat ini merupakan sebuah bangunan unik dengan berbagai jenis tumbuhan di dalamnya yang memberikan nilai estetik. Ecodome memiliki filosofi bangunan yang sangat kokoh terhadap angin dan cuaca apapun.

Wah! Menarik sekali ya, tetapi Glow Kebun Raya untuk saat ini belum dibuka untuk umum ya sahabat deCODE. Terkait mengenai harga tiket masuk dan peraturan-peraturannya juga belum diinfokan. Yuk! pantengin instagram @glowkebunraya untuk info lebih lanjut.

Penulis: Wifda Mufti Karima Editor: Siti Masitoh