The Kite Runner merupakan sebuah novel mahakarya yang ditulis oleh seorang penulis keturunan Amerika-Afganistan bernama Khaled Hosseini. Di publikasikan tahun 2003, buku ini menggunakan kata ganti orang pertama. Kisah dimulai dengan menceritakan tentang kehidupan Amir yang tinggal di Kabul, Afganistan pada tahun 1970an, ketika bangsa Rusia dan Taliban menjajah kota mereka. Amir dan ayahnya (Baba) berasal dari keluarga kaya raya dan ibunya meninggal pada saat melahirkannya. Baba mempunyai seorang sahabat bernama Ali yang sekaligus di pekerjakan sebagai pembantu dirumahnya. Sementara itu, Ali mempunyai anak laki-laki bernama Hassan yang sering menemani dan bermain dengan Amir pada masa kecilnya.

Amir dan Hassan menjadi sahabat dekat sejak mereka masih kecil karena usia mereka yang sama. Mereka berdua sering kali bermain mengejar layang-layang, dan Hassan adalah yang terhebat dalam bermain layang-layang, sehingga seringkali membuat Amir iri. Hassan sangat setia kepada Amir dan selalu berusaha untuk melindungi Amir, namun Amir tidak demikian. Terkadang, ia merasa Hassan lebih kuat dan lebih baik dari dirinya, sehingga membuat Amir iri. Konflik dimulai ketika Amir merasa bahwa Baba lebih menyayangi Hassan daripada dirinya. Namun, apapun yang terjadi, Hassan tetap setia kepada Amir dan selalu mengatakan ‘For You A Thousand Times Over’. Hingga suatu hari, ia menyaksikan Hassan dilecehkan oleh teman-temannya, Amir tidak bisa melakukan apa yang sering Hassan lakukan untuknya. Ia hanya diam saja dan tidak melakukan apa pun.

Amir dihantui rasa bersalah yang sangat amat, sehingga melakukan apapun untuk bisa mengusir Hassan dari rumahnya. Puluhan tahun berlalu, Amir sudah sukses menjadi penulis di Amerika. Namun, rasa bersalah Amir terhadap sahabat kecilnya masih tetap menghantuinya. Akhirnya, ia pun kembali ke Kabul untuk mencari Hassan dan melakukan perjalanan yang amat panjang sambil menengok masa lalunya. Perjalanan panjang itu telah membuat Amir menemukan dan menyadarkan banyak hal tentang kehidupan, persahabatan, keikhlasan dan kecintaan pada Allah SWT.

Buku ini menggambarkan dengan jelas keadaan di Kabul, mulai dari kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan, tata letak rumah, pasar, jalanan, maupun keadaan kota Kabul yang sedang dijajah oleh kaum Taliban pada masa itu. Sehingga, pembaca dapat membayangkan dengan jelas dan bisa menghayati serta mengikuti jalannya cerita. Buku ini memberikan banyak hikmah tentang kehidupan yang luar biasa mengenai keluarga, persahabatan, kesetiaan, dan yang paling penting mengajarkan kita tentang keikhlasan dan kecintaan kita pada Allah SWT.

Keterangan Mengenai Buku

  • Judul: The Kite Runner
  • Penulis: Khaled Hosseini
  • Negara: Amerika  Serikat
  • Genre: Sejarah fiksi, Drama
  • Penerbit: Riverhead Books
  • Tebal: 372 Halaman

Reporter: Shinta Aulya | Editor: Nadhira Aliya & Galih Perdana